12 Tips Cara Menjaga HDD Eksternal Agar Tidak Mudah Rusak


HDD External atau biasa orang Indonesia menyebutnya Harddisk Eksternal bukanlah barang baru di dunia perkomputeran, yang mana fungsi dari Harddisk itu untuk menyimpan segala macam data pada komputer milik kita, karena pada dasarnya tanpa Harddisk itu sendiri. kita tidak akan dapat sama sekali menyimpan 1bit pun data.


Memang kalau dipikir-pikir komputer milik kita sudah ada harddisk di dalamnya yang bisa untuk menympan data-data, tapi mimin rasa Harddisk yang berukuran 320GB atau 500GB belumlah cukup untuk menyimpan segala keperluan terutama bagi anak-anak yang berlabel IT.
Yah, memang sih. jika kalian menyimpan file-file seperti dokumen, foto atau file PDF ukuran segitu terbilang lebih dari cukup. akan tetapi bagaimana untuk urusan anak IT yang selalu berkutat dengan koleksi software-software, driver, permprograman, film, anime, game, musik dan segala macam project IT miliknya? apakah cukup? sesak bro. apalagi seorang Youtuber yang doyan nge'VLOG pasti membutuhkan memory penyimpanan yang besar.

nah maka daripada itu Harddisk Eksternal diperlukan. selain untuk media penyimpanan alternatif, juga bisa meringankan si Harddisk Internal agar tidak penuh sesak.

akan tetapi lain perawatan Harddisk Internal, lain juga perawatan Harddisk Eksternal. karena media Eksternal itu gampang sekali rusak. jadi untuk menghindari segala maca kerugian di masa yang akan datang. silahkan kamu baca tips-tips di bawah ini agar Harddisk Eksternal milikmu tidak gampang rusak.

1. Pastikan Selalu Menggunakan Opsi "Safe Remove Hardware".
"Ehh kok Harddisk Eksternal gue minta di format?"
"Lha ini kenapa Harddisk Eksternal gue Drive'nya kagak Detect?"

Pernahkan sobat sekaian mengalami kasus seperti di atas? kalau iya berarti sobat menggunakan Harddisk Eksternal dengan sembrono tanpa menggunakan opsi "Safe Remove Hardware" atau biasanya orang menyebut dengan sebutan "Eject" pada Harddisk Eksternal ketika hendak dicabut dari komputer.
pada dasarnya jika kita menggunakan Harddisk Eksternal, proses baca tulis data sudah berlangsung ketika konektor USB ditancapkan ke Port USB. nah, jika kita tidak melakukan "Safe Remove Hardware" atau "Eject" maka data yang sedang dibaca atau ditulis akan terputus secara paksa. akibat dari tindakan itu Master Safe Record pada Harddisk Eksternal menjadi Error dan menyebabkan kerusakan sedikit demi sedikit pada Harddisk Eksternal.

2. Jangan Sampai Terbanting / Terjatuh
Komponen-komponen pada Harddisk Eksternal sangat sensitif terhadap getaran, dikarenakan Harddisk itu sendiri pada saat kita hidupkan langsung berputar searah jarum jam untuk membaca data. jika terjadi guncangan yang keras pada Harddisk Eksternal, bisa dipastikan kerusakan akan terjadi.


3. Jauhkan Dari Segala Macam Cairan
Saya rasa untuk tips yang satu ini, anak SD saja tahu kan... hehehehe
kenapa begitu? yang namanya barang elektronik itu musuh paling utamanya adalah cairan-cairan yang membuat semua barang elektronik termasuk Harddisk Eksternal menjadi rusak.


4. Hindari Benda Yang Mengandung Magnet
Magnet adalah salah-satu musuh dari segala macam Harddisk, baik itu Harddisk Internal maupun Harddisk Eksternal.
karena medan magnet dapat mempengaruhi piringan yang ada di dalam Harddisk dan membuat lemahnya sektor-sektor harddisk itu sendiri.


5. Jangan Terlalu Sering Mencabut Pasang Kabel USB HDD
Mencabut pasang kabel USB pada sambungan kabel Harddisk Eksternal dapat membuat Port USB dan konektor pada USB Harddisk Eksternal menjadi AUS, akibatnya koneksi antara Port USB menjadi lemah dan pasokan daya listrik tidak memadai untuk Harddisk Eksternal.


6. Sebaiknya Hindari Menempatkan HDD Ke Tempat Yang Sering Bergertar
Seperti yang saya bilang tadi, komponen di dalam Harddisk akan berputar searah jarum jam ketika Harddisk dihidupkan. nah, jika seandainya kita menempatkan Harddisk Eksternal pada permukaan yang tidak rata atau sering bergetar, itu akan menyebabkan gesekan antara Jarum pembaca dan lempengan penyimpanan data di Harddisk.


7. Sebisa Mungkin Minimalkan Gerakan Pada Saat Harddisk Ekternal Sedang Dipakai
Sama kayak poin ke 6 di atas, jika kita memindahkan Harddisk Eksternal pada saat sedang digunakan. itu akan berpotensi memperpendek umur dari Harddisk Eksternal. (catat, ini poin penting)


8. Pastikan Harddisk Mendapatkan Pasokan Udara Yang Baik
Menyimpan Harddisk Eksternal di dalam Pouch (Tas Harddisk Eksternal) memang tidak salah, malahan itu bagus untuk meminimalisir benturan yang tidak terduga, terkena debu atau tidak sengaja kena cairan yang dapat merusak Harddisk Eksternal.
Yang jadi masalahnya itu adalah kelalaian pengguna Harddisk Eksternal yang tidak mengeluarkan HDD dari Pouch ketika akan digunakan. karena Harddisk Eksternal yang masih berada di dalam Pouch ketika digunakan akan gerah dan kepanasan karena tidak mendapatkan pasokan udara yang baik. akibat buruknya adalah HDD menjadi Overheat dan secara perlahan memperpendek umur Harddisk Eksternal.


9. Cabutlah kabel USB HDD Dengan Menarik Kepala Konektornya
Ini juga adalah salah-satu kelalaian pengguna Harddisk Eksternal yang tidak mencabut USB dari kepala konektornya, karena jika kita mencabut dari kabel penghubung USB nya akan berdampak putusnya saluran di dalam kabel USB Harddisk Eksternal, dan dampak yang akan ditimbulkan adalah putusnya kabel di dalam USB tersebut.


10. Posisikan Kepala USB Harddisk Dengan Baik
Ada kalanya kita sebagai pengguna lalai dalam mencolokkan kepala dari USB Harddisk Eksternal, jika kita memasangnya secara tidak benar maka arus data dan pasokan daya listrik jadi terganggu.


11. Defrag Secara Berkala
Seiring berjalannya waktu. data dan file-file yang kita simpan di dalam Harddisk Eksternal akan menjadi kusut dan jika dibiarkan akan membuat proses baca/tulis data menjadi terhambat (lelet). maka daripada itu kita sebagai pengguna wajib Mendefrag Harddisk Eksternal secara berkala agar data yang ada di dalam HDD menjadi lebih rapi dan memperpanjang umur pemakaian dari HDD.


12. Sisakan Sedikit Space Pada Harddisk
Mungkin kamu beranggapan bahwa Harddisk Eksternal yang berukuran 500GB atau 1TB mampu menyimpan semua data dengan ukuran asli yang tertera pada kapasitas dari Harddisk Eksternal itu sendiri. akan tetapi hipotesis dan pemikiran kamu itu salah sob.
logikanya begini... Harddisk Eksternal yang berukuran 500GB hanya akan dapat menampung sekitar 465GB begitupun dengan Harddisk Eksternal berukuran 1TB (Terrabyte) hanya dapat menampung 931GB. jadi ada baiknya kita haruslah menyisakan sedikit space bagi harddisk agar bisa bernafas dan tidak terlalu berhimpitan. (semisalkan Harddisk Eksternal 500GB sisakan memory bebas sekitar 50GB)

Tambahan, kalo kamu berencana membeli sebuah Harddisk Eksternal maka jangan merasa terkejut ataupun tertipu dengan kapasitas dari Harddisk Eksternal yang berbeda dengan yang dibaca di komputer. berikut penjelasannya.
  • 40 GB = Terbaca 37GB
  • 80 GB = Terbaca 74GB
  • 160 GB = Terbaca 149 GB,
  • 250 GB = Terbaca  232 GB
  • 320 GB = Terbaca 298 GB,
  • 500 GB = Terbaca 465 GB
  • 640 GB = Terbaca 596 GB,
  • 1 TB (TeraByte) = 931 GB
  • 2 TB (TeraByte) = 1863 GB

Itu dikarenakan pembacaan system seperti OS Windows tidak membaca langsung kapasitas seluruh dari memory HDD, karena beberapa GB yang hilang dipakai untuk memory cache dan fisik dari Harddisk Eksternal itu sendiri.

sekian untuk artikel tentang "12 Tips Cara Menjaga HDD Eksternal Agar Tidak Mudah Rusak" kali ini. jika dirasa ada kekurangan dari artikel ini silahkan kamu tambahkan di kolom komentar, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kalian biar mereka pada tahu untuk selalu menjaga Harddisk Eksternal biar tidak gampang rusak. :)


0 Response to "12 Tips Cara Menjaga HDD Eksternal Agar Tidak Mudah Rusak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel