Tips Menghasilkan Rekaman Bagus Saat Menggunakan Smule! Sing


Smule! Sing merupakan sebuah aplikasi karaoke khusus smartphone Android dan iOS saja yang dalam hal penggunaannya saat mudah sekali dimengerti oleh orang awam sekalipun. berbeda dengan aplikasi-aplikasi karaoke lainnya yang tersebar sekarang ini, Smule! Sing ini menyediakan banyak sekali lagu-lagu pilihan yang bisa kita nyanyikan, entah itu lagu dari Indonesia, Barat, Jepang, Korea bahkan Thailand juga ada lho.

Baca Juga : Pengertian WebDL, BD, CAM, HDRip DLL, Ketika Akan Mendownload Sebuah Film / Anime

Tahukah kamu sob, meskipun sekarang ini banyak yang mendaftarkan diri ke Smule! Sing tapi kebanyakan dari mereka tidak mengetahui bagaimana caranya menghasilkan rekaman bagus di Smule! Sing tanpa noise, gema, suara kresek-kresek dll...

Nah, pada artikel kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman mimin Siluman Komputer dalam dunia Smule! Sing, waktu rekaman... cekidott...!!


1. Pastikan Selalu Menggunakan "Headphone"
Banyak dari teman-teman mimin waktu itu pada saat pertama kali memainkan Smule! Sing, mereka saat bernyanyi tidak menggunakan Headphone. alhasil rekaman yang dihasilkan terdengar buruk dan kualitas suara yang dihasilkan seperti hilang-redup..
jadi sob, jangan lupa kalo mau main Smule! Sing pastikan memakai headphone.. karena selain untuk mendapatkan rekaman suara yang HD, disamping itu juga biar ketika kita bernyanyi, lagu yang didengarkan terdengar jelas ke telinga kita... biar sinkron antara vocal dan instrumental lagunya.


2. Lihat Tempat Saat Merekam
Sebelum bernyanyi kita juga harus memperhatikan tempat dimana itu ketika kita akan melakukan rekaman, pilihlah tempat dimana kebisingan seperti suara motor kretek-kretek kampret, suara bocah-bocah, suara hewan dan suara rumput yang bergoyang tidak terdengar sama sekali. :)
Kalo di desa sih enak, paling nyamperin ke sawah kelah dah.. sunyi banget di sawah, cocok buat karaokean Smule! Sing..!! (kalo di kota pilih tempat kayak di monumen-monumen sejarah gitu / taman.. kan disana biasanya sepi..!! atau enggak cari semak-semak aje :v )


3. Batasi Jarak Antara Microphone Dan Mulut
Nah, ini nih yang masih disepelekan oleh kebanyakan orang... bahkan pengguna Smule! Sing yang udah pro sekalipun..!!
Idealnya adalah ketika kita akan bernyanyi dan melakukan rekaman di aplikasi Smule! Sing, jarak antara Microphone dan Mulut itu harus berjarak 5 - 6 cm. karena apa? jika Microphone kejauhan suara akan sukar terdengar dan seperti terkena effect glow reverb ghost, dan kalo Microphone terlalu dekat maka suara nafas akan ikut terekam.. jadi gak enak deh di dengarkan...


4. Pegang Smartphone Dengan Baik
Menggenggam smartphone itu haruslah kuat saat akan merekan di aplikasi Smule! Sing, gunanya ialah untuk meminimalisir goyangan-goyangan yang tidak diperlukan pada saat proses perekaman. karena akan berdampak buruk pada hasil suara yang di dengarkan.
 

5. Jangan Lupa Pemanasan Dulu
Bukan hanya tubuh yang butuh pemanasan pada saat akan melakukan aktifitas, pita suara juga butuh pemanasan pada saat akan bernyanyi.
Hal ini berguna untuk merenggangkan otot-otot di sekitar mulut agar terasa nyaman dan enjoy ketika akan bernyanyi.
dan untuk tips pemanasan vocal sebelum bernyanyi kalian bisa menyimak video dari Coach Indra Aziz di bawah ini:



6. Selalu Sediakan Air Minum
Ini juga adalah hal yang sering dilupakan oleh kebanyakan orang di Sing! Smule, kebanyakan dari mereka terus-terusan menyanyikan lagu di sana, dan lupa kalo tenggorokan mereka jadi haus karena terus bernyanyi.. jadi sobat jangan lupa kalo main Sing! Smule harus ada minuman yah, biar tenggorokan gak kering terus keesokan harinya suara jadi serak karena keseringan bernyanyi dengan tenggorokan kering... :0


7. Pemilihan Lagu
Ketika kelima hal di atas sudah kamu lakukan, langkah yang terakhir adalah pemilihan lagu, karena apa? percuma kamu melakukan tips di atas kalau akhirnya lagu yang akan kamu nyanyikan tidak bisa kamu nyanyikan..!!
pilihlah lagu yang sekiranya dapat kamu nyanyikan dnegan lantang tanpa harus menahan vocal, mungkin kamu jagonya di lagu level rendah silahkan, atau level tengah juga silahkan... tapi jika kamu memilih lagu dengan teknik vocal level atas seperti lagu-lagu yang dibawakan Judika, pikir sendiri... bisa gak nyanyinya :)



Akhir kata dari mimin simpel sih, usahakan ketika kamu bermain Smule! Sing itu tidak terlalu berlebihan di setiap harinya. karena apa? selain membuat tubuh kelelahan pada saat bernyanyi, juga bisa membuat peradangan di sekitar tenggorokan karena terlalu sering bernyanyi.
Masa bodoh temen kamu rekaman Smule! Sing di akun miliknya sudah 1K atau bahkan lebih yang penting itu Kualitas, bukan Kuantitas kan :)

Maksimal anjuran dari mimin sih 1 hari kamu hanya boleh bernyanyi di Smule! Sing itu hanya 10 - 15 kali saja sob... karena apa? untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan..!!



0 Response to "Tips Menghasilkan Rekaman Bagus Saat Menggunakan Smule! Sing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel