Cara Mengunci Data Hadir Guru di DHGTK

cara mengunci kehadiran guru dan mencetak SPTJM di DHGTK


DHGTK pastinya guru-guru sudah tidak asing lagi dengan istilah ini, DHGTK (Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan) Online merupakan daftar hadir yang dilakukan secara online untuk guru dan tenaga kependidikan baik jenjang TK/PAUD, SD, SMP, maupun SMA/SMK. Semua guru yang ada didapodik harus mengisi kehadiran di DHGTK Online.

Baiklah, pada postingan kali ini admin membahas tentang Cara Mengunci Data Hadir Guru dan Mencetak SPTJM. 

Sebelum masuk ke pembahasan, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu SPTJM? 
SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) merupakan pernyataan yang ditandatangani oleh kepala sekolah yang bertanggung jawab terhadap data absensi guru online. Apabila di kemudian hari terbukti bahwa data yang diberikan tidak sesuai dengan sebenarnya sehingga dapat menyebabkan kerugian negara dan kerugian pihak-pihak lain, kepala sekolah bersedia dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baiklah, langsung saja kita masuk ke pembahasan. Oh iya, untuk melakukan kunci kehadiran guru dan cetak SPTJM ini berada pada halaman Kepala Sekolah maksudnya login dengan menggunakan akun Kepala Sekolah terlebih dahulu. 


Sedikit info, halaman untuk Kepala Sekolah dan Operator sekolah ada perbedaan yaitu adanya Tombol Kunci dan Buat SPTJM  pada halaman DHGTK Kepala Sekolah. 

Oleh karena itu, pada tutorial kali ini admin membahas DHGTK dengan Login sebagai Kepala Sekolah. Baiklah, langsung saja ke pembahasan. 

Cara Mengunci Kehadiran Guru dan Mencetak SPTJM di DHGTK


1.Silahkan login di absensi online Klik Disini 



Klik pada Login Sekolah > Silahkan Login menggunakan Akun Kepala Sekolah. Jika belum bisa login dengan akun kepala sekolah, silahkan Baca Cara Membuat Akun Kepala Sekolah Untuk Login DHGTK .




2.Masuk di halaman DHGTK, pada halaman ini terdapat tombol Kunci dan Buat SPTJM. Silahkan klik tombol Kunci dan Buat SPTJM 




Gambar dibawah ini merupakan halaman untuk kunci dan buat  SPTJM. 



Sebelum mengunci daftar hadir, pastikan terlebih dahulu absensi di setiap bulannya apakah sudah terisi dengan benar atau belum. Jika sudah silahkan Kepala Sekolah membuat SPTJM. 

Sesuai nomor diatas, pertama klik tombol kunci dan buat SPTJM. Selanjutnya pastikan semester seperti gambar nomor 2, dan pilih bulan yang ingin dikunci daftar hadirnya. 


3.Pada bagian ini, silahkan centang pada Saya Setuju dan Kunci daftar hadir. Kemudian klik Kunci Daftar Hadir. 




Lalu tampil pemberitahuan seperti ini, sebelum klik OK pastikan data terlebih dahulu apakah sudah valid atau belum karena setelah klik OK data pada bulan yang dilakukan kunci SPTJM tidak bisa lagi di rubah. Jika sudah yakin klik OK. 



4.Silahkan klik tombol Refresh, selanjutnya muncul halaman seperti dibawah ini yang menandakan bahwa Data Hadir di bulan yang dipilih tadi sudah berhasil di kunci dan tidak bisa di rubah lagi.   




5.Apabila rekan-rekan operator ataupun guru sekalian ingin menyimpan atau cetak SPTJM yang telah dibuat tadi, silahkan klik pada Cetak PDF. 


Demikianlah tutorial mengenai Cara Mengunci Kehadiran Guru dan Cetak SPTJM di DHGTK. Semoga bermanfaat dan Terimakasih... 


0 Response to "Cara Mengunci Data Hadir Guru di DHGTK "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel