Panduan Penggunaan Dapodik PAUD dan Dikmas Online 2019

Panduan Penggunaan Dapodik PAUD dan Dikmas Online 2019


Salam semangat buat kita semuanya. Kabar Gembira bagi rekan-rekan Operator Sekolah atau Lembaga Dikmas, bahwasanya Aplikasi Dapodik PAUD dan DIKMAS Online telah resmi dirilis pertanggal 3 September 2018. Berikut ini informasinya:


Berdasarkan informasi dari situs web dapo.paud-dikmas, mulai tanggal 3 September 2018 Dapodik PAUD dan DIKMAS Online resmi di buka. Aplikasi Dapodik PAUD dan Dikmas Online dapat di akses oelh Satuan/Lembaga PAUD dan Pendidikan Masyarkat (Dikmas) melalui alamat :

http://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik

Bagi Lembaga PAUD 

Bagi lembaga PAUD (TK, KB, TPA dan SPS) aplikasi ini dapat digunakan jika memilih "Dapodik Online" sebagai metode sinkronisasinya. Bagi rekan-rekan OPS yang belum melakukan pemilihan metode sinkronisasi silahkan disimak informasi berikut ini.

Baca Disini: Cara Melakukan Pemilihan Metode Sinkronisasi 

Jika Operator sudah memiliki akun Dapodik, silahkan mulai menggunakan "Dapodik Online", login menggunakan akun Dapodik Offline yang sudah dimiliki.  

Jika Operator memilih "Dapodik Offline/Sync Online" atau "Dapodik Offline/Kirim File", Operator masih dapat login ke Dapodik Online, tetapi hanya bersifat read-only dan tidak dapat melakukan penambahan, pengubahan atau penghapusan data. Dalam metode read-only Operator dapat melakukan pengecekan pengisian Dapodik Offline apakah data yang disinkronkan sudah masuk ke server atau belum. 

Penggunaan Aplikasi Dapodik Online atau Dapodik Offline sepenuhnya diserahka npada masing-masing satuan pendidikan. Jika satuan pendidikan berada pada daerah dengan koneksi internet yang dirasa cukup baik dan dapat selalu online , diasarankan menggunakan Dapodik Online, tetapi jika berada pada daerah yang koneksi internetnya dirasa kurang baik, maka dapat menggunakan Dapodik Offline


Bagi Lembaga DIKMAS 

Bagi lembaga Dikmas (PKBM, SKB, LKP) aplikasi ini menggantikan Aplikasi Dapodikmas. User dan password yang digunakan sama dengan Dapodikmas. Semua data yang sudah ada diisikan di Dapodikmas otomatis dimigrasikan ke Dapodik Online

Dapodik Online tidak memerlukan instalasi ke komputer/laptop, tidak mperlu sinkronisasikan jika ingin merngirimkan data dan dapat digunakan di perangkat PC/Laptop Windows/Mac, Tablet dan Smartphone dengan beragam Operating System yang memiliki browser modern.  


Barangkali menjadi pertanyaan buat kita semuanya, Bagaimana kalau Satuan Pendidikan tersebut sudah melakukan registrasi dan installasi Dapodik PAUD khususnya secara offline? 

Jangan khawatir rekan-rekan semuanya, admin juga telah melakukan registrasi dan installasi secara Offline atau tepatnya menggunakan metode sinkronisasi "Dapodik Offline/Sync Online". Karena lebih dulu mengerjakan dapodik paud sebelum Dapodik PAUD Online dirilis. 
Meskipun demikian, bagi kita yang telah menggunakan Dapodik PAUD secara Offline masih bisa mengakses Dapodik Online, namun sebatas read-only dan tidak dapat melakukan penambahan, pengubahan atau penghapusan data. Dalam metode read-only Operator dapat melakukan pengecekan pengisian Dapodik Offline apakah data yang disinkronkan sudah masuk ke server atau belum. 

Tapi apabila ditanyakan mana yang lebih baik? Saran dari admin lihat dulu kondisi di tempat kita apakah jaringan internet mendukung, kalau tidak sebaiknya kita menggunakan Metode Sinkronisasi "Dapodik Offline/Sync Online", toh kita juga di bolehkan akses Dapodik Online walaupun sudah install Dapodik Offline. Juga kelebihan Offline ini kita bisa input data peserta didik secara santai tanpa khawatir nanti data tidak tersimpan karena jaringan tidak bagus. Bukan berarti yang Online kurang bagus ya, malahan sebenarnya yang Online ini lebih bagus karena kita bisa akses dimana saja tanpa harus install aplikasi lagi... Itu tergantung kondisi tempat kita masing-masing,,,, itu saran dari admin he..he... 

Setelah kita membahas mengenai rilis aplikasi Dapodik PAUD dan DIKMAS Online, selanjutnya kita akan membahas Bagaimana Cara Menggunakan Dapodik Online

Pada kali ini admin membahas Cara Menggunakan Dapodik PAUD Online, dikarenakan admin mengelola Dapodik PAUD. 

Ingat : Disini admin hanya bisa sebatas read-only tidak dapat melakukan penambahan, pengubahan atau penghapusan data. Serta admin dapat melakukan pengecekan pengisian Dapodik Offline apakah data yang disinkronkan sudah masuk ke server atau belum.
Berikut ini langkah-langkah nya: 

1. Silahkan klik link berikut ini : https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik

Dapodik PAUD Online 2018/2019




Masuk di halaman login DAPOPAUD DIKMAS, silahkan isikan:
- Username = Username di dapodikpaud offline atau dapodikpaud di semester lalu (2017/2018)
- Password = Passowrd di dapodikpaud offline dapodikpaud di semester lalu (2017/2018)

Jika sudah diisi, silahkan klik Log in. 

2. Setelah berhasil login, maka akan masuk di halaman Dapodik PAUD Online. 




Disini admin hanya bisa read-only, bagi rekan-rekan menggunakan Dapodik Online atau Metode Sinkronisasi Dapodik Online maka dapat melakukan penambahan, pengubahan atau penghapusan data serta data secara langsung sudah sinkron. 


Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat dan terimakasih... 

0 Response to "Panduan Penggunaan Dapodik PAUD dan Dikmas Online 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel