Cara Membuat Akun Kepsek Untuk Login DHGTK 2018

cara membuat akun kepsek di Dapodik PAUD untuk login DHGTK


Salam semangat rekan-rekan operator dan Bunda PAUD, sebelumnya admin telah membahas mengenai Cara Mengisi Absen Guru di DHGTK dengan userid Operator Dapodik , untuk postingan kali ini admin ingin berbagi informasi mengenai Cara Membuat Akun Kepsek untuk Login DHGTK, karena untuk dapat menginputkan kehadiran guru ke dalam sistem , ada dua user yang dapat digunakan yaitu:


Updated : Aplikasi DHGTK efektif berlaku mulai Tahun Pelajaran 2018/2019.

1.Login dengan userid Kepala Sekolah

2.Login dengan userid Operator Dapodik
Ingat :


Harus diingat perubahan userid dan password dilakukan melalui aplikasi dapodik di sekolah masing-masing. Setelah dilakukan syncron data, data pengguna akan terupdate di sistem DHGTK setelah 2 (dua) hari berhasil syncron

Artinya jika rekan-rekan operator ataupun Bunda PAUD, baru melakukan update userid/gmail dan password di aplikasi dapodik tidak bisa langsung melakukan login di aplikasi DHGTK. Karena data pengguna akan terupdate di DHGTK setelah dua hari berhasil syncron

Baiklah langsung saja admin memberikan informasi mengenai,

Cara Membuat Akun Kepsek Untuk Login DHGTK


"Cara Pengisian Kolom Password di Menu Tambah User PTK" 

Catatan: Disini admin menggunakan tampilan Dapodik PAUD v.3.2.1
1.Login aplikasi dapodik PAUD.

2.Selanjutnya, pilih menu PTK > Klik pada nama PTK yang menjadi Kepala Sekolah di sekolah rekan > Klik pada Menu Tambah User PTK. 

Gambar. Halaman PTK Dapodik
Maka masuk ke halaman Isi Password PTK, isilah kolom Password dan Ulangi password  disarankan gunakan password yang bunda mudah ingat. Setelah itu klik Simpan.  


Gambar. Halaman Pengisian Password Kepsek


Username / Userid dan Password telah berhasil dibuat. Selanjutnya rekan-rekan sekalian tinggal melakukan validasi dan sinkronisasi pada dapodik paud. Username dan password baru bisa digunakan untuk login di DHGTK setelah dua hari proses sinkronisasi. 



"Cara Pengisian Username (Email) PTK di Halaman Tambah User PTK"

Ada sebuah kasus dimana pada saat rekan-rekan operator maupun Bunda PAUD ingin memeriksa akun setiap GTK terdapat username (email) masih kosong seperti gambar dibawah ini. Trus bagaimana solusinya? 

Caranya:
Klik pada nama guru yang belum memiliki username/email > klik Ubah > Masuk di halaman Edit PTK, lalu cari Kolom Email disinilah tempat pengisian untuk kolom username nantinya. Silahkan isikan alamat email guru tersebut. Jika sudah selesai jangan lupa klik simpan. 


Selanjutnya, kembali klik pada Menu Tambah User PTK dan sekarang username guru tersebut telah terisi dan silahkan isikan password nya seperti langkah diatas (Cara Pengisian Kolom Password di Menu Tambah User PTK) tadi. Jangan lupa klik simpan. 


Ada sebagian guru yang bertanya ke admin pertanyaannya seperti ini,  "ada sebagian guru yang belum memiliki email trus apakah harus membuat alamat email terlebih dahulu atau bagaimana?"
Untuk jawabannya, menurut admin email yang digunakan bebas dalam artian belum memiliki akun yang terdaptar di gmail atau yahoo boleh digunakan sebagai username guru nantinya. Jadi tidak harus membuat email terlebih dahulu, tapi alangkah baiknya kalau guru sekalian telah memiliki akun email masing-masing. So, tak usah khawatir... email apapun bisa digunakan asalkan beralamat @gmail.com barangkali bisa juga @yahoo.com. 
Untuk melihat akun kepala sekolah telah berhasil terupdate atau belum, silahkan ikuti informasi berikut ini: Cara Mengunci Data Kehadiran GTK di DHGTK 
Baca Juga : Penting! Mengenai Dapodik, Tunjangan Profesi serta Aplikasi DHGTK
Baca Juga : Tanya Jawab Seputar DHGTK
Baca Juga : Pentingkah Mencetak SPTJM Setiap Bulan? 

Demikianlah informasi mengenai cara membuat akun kepsek untuk login DHGTK 2018. Semoga bermanfaat dan Terimakasih... 

0 Response to "Cara Membuat Akun Kepsek Untuk Login DHGTK 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel