Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD 2018/2019 Part II

Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD 2018/2019

Salam semangat buat rekan-rekan OPS serta Bunda PAUD sekalian, setelah sebelumnya kita telah membuka Forum Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD 2018/2019 Part I, pada kali ini admin juga ingin membagikan pertanyaan serta solusi dari rekan-rekan sekalian terbaru. Semoga dengan adanya forum ini dapat menyelesaikan permasalahan kita di dapodikpaud 2018/2019 di menjelang akhir semester ini. 

Baca Disini: Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD 2018/2019 Part I

Barangkali menjadi pertanyaan juga bagi rekan-rekan serta admin..hehe.. Kenapa membuat forum ini dan ada bagian-bagiannya pulan?

Yeah, tujuan admin adalah untuk berbagi informasi serta solusi dari setiap pertanyaan yang rekan-rekan utarakan di blog admin seputar Dapodik PAUD 2018/2019. Selain itu, admin juga berharap denga adanya forum seperti ini dapat mempererat sillaturrahmi kita dan rekan-rekan sekalian tidak bosan untuk mengunjungi blog ini. 

Selanjutnya, kita masuk ke topik pembahasan yaitu:

Kumpulan Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD 2018/2019 Part II

Pertanggal: 18 - 20 September 2018

Pertanyaan : @ unknown 

" Mau tanya, cara narik data KB ke TK A lewat mana ya?

Solusi : 

Setau admin, di dapodikpaud tidak bisa melakukan tarik data dari jenjang berbeda maksudnya seperti data dari KB ke TK. Karena kita menggunakan dua dapodik. Solusinya, rekan Luluskan terlebih dahulu PD di KB, selanjutnya rekan Inputkan data PD KB yang sudah di luluskan di Dapodik TK. 

Baca Disini: Cara Meluluskan Peserta Didik di TA 2017/2018 Semester Genap di Dapodik PAUD 2018/2019 Melalui Menu Peserta Didik 
Baca Disini:  Cara Cepat Meluluskan Peserta Didik di Dapodik PAUD 2018/2019 Semester Ganjil

Pertanyaan : @ anonim

" Admin, saya registrasi 36 Karakter Kok gagal ya? katanya password atau username salah?

Solusi:

Apabila rekan mengalami permasalahan seperti diatas, solusinya Dapodik rekan harus di reset, tapi yang akan mereset nya adalah Operator Dinas Pendidikan setempat. Jadi silahkan rekan hubungi Operator tersebut agar dilakukan reset dapodik dan jangan lupa untuk meminta Koreg terbarunya. 
Setelah kode registrasi rekan dapatkan, maka rekan harus melakukan Daftar Baru di Manajemen PAUD. 

Baca Disini: Cara Registrasi Pengguna atau Daftar Baru di Manajemen PAUD-Dikmas 2018/2019


Pertanyaan : @ Ardian Fitriana M

" Mau tanya, kalo di aplikasi kan udah singkron 100% malah singkronnya sudah beberapa kali, tapi kenapa di Manajemen PAUD tidak muncul ya bahwa kita udah singkron?

Solusi : 

Permasalahan diatas memang paling banyak di keluhkan oleh rekan-rekan OPS PAUD termasuk admin. Setelah hal ini admin telesuri, bersumber dari Operator Dinas Pendidikan setempat mereka mengatakan silahkan tunggu beberapa hari data terupdate di Manajemen Paud, karena server pusat tidak langsung menarik data yang telah kita singkronkan... sama-sama kita ketahui banyak data yang akan ditarek. So, kita harus menunggu beberapa hari. 

Baca Disini: Solusi Gagal Singkron Dapodik PAUD di 40%

Pertanyaan : @ unknown 

" Kenapa ada tulisan email belum di verifikasi?"

Solusi:

Hal seperti itu juga admin dapati di Manajemen PAUD yang admin kelola, pengalaman admin ini dikarenakan Username/pass yang digunakan untuk Registrasi dan login dapopaud bukanlah e-mail yang telah didaftarkan di gmail. So, admin tidak bisa melakukan verifikasi. Tapi hal ini juga tidak bermasalah kalau kita tidak melakukan verifikasi. 
Baca Disini :  Panduan Penggunaan Dapodik PAUD 2018/2019 v.3.3.0

Pertanyaan : @ unknown

" Admin, kenapa jumlah data sanitasi tidak bisa diketik manual?"

Solusi: 

Maaf gan, admin ragu untuk menjawabnya karena disini admin kurang paham dengan permasalahannya di bagian manakah data sanitasi tersebut tidak bisa di ketik manual. Karena sejauh ini data di sanitasi dalam penginputan data tidak lah bermasalah. Mohon maaf apabila jawabannya tidak memuaskan. 

Baca Disini : Fungsi Tab Action Menu pada Menu PD, Rombel, Sarpras di Dapodik PAUD 


Pertanyaan :@ unknown 

"Saya sudah singkron beberapa kali menggunakan dapodik offline/sync online. Tapi cek di pengiriman status belum mengisi padahal tercatat jadwal singkron terbaru"


Solusi: 

Permasalahan ini hampir sama dengan data belum terupdate di Manajemen PAUD setelah dilakukan singkronisasi. Data tersebut akan singkron di website untuk cek Singkronisasi Dapopaud setelah beberapa hari singkronisasi. 

Baca Disini: Solusi Mengatasi Data Invalid di DapodikPAUD

Pertanyaan : @ unknown

" Admin, ada siswa rombel a dia langsung lulus, tapi ketika saya klik action menu naik kelas jadi siswa tersebut naik kelas b,  seharusnya dia lulus, bagaimana solusinya?"

Solusi:



Pertanyaan : @ Annisa Nabila

" Saya mau nanya, untuk mensinkronkan dapodik online bagaimana ya?"

Solusi: 

Jadi untuk dapodik online setiap data yang kita inputkan kemudian sudah di simpan, maka data tersebut otomatis sudah tersingkronisasi. 

Baca Disini : Penjelasan Singkronisasi Dapodik Online

Pertanyaan : @ Maisaroh Siregar 

" Saya sudah pakai Dapodik v.3.3.0, mengapa memasukkan PD Baru, waktu penyimpanan error ? ".

Solusi: 


Untuk pengisian data Peserta Baru di dapodikpaud 2018/2019 kita harus lebih teliti, dan yang paling utama diperhatikan adalah kolom yang ditandai bintang merah (*) menandakan data tersebut tidak boleh dikosongkan. Begitu juga dengan beberapa kolom data lainnya. 

Solusinya silahkan:



Semoga pembahasan kali ini dapat kembali bermanfaat buat kita semuanya. Buat rekan-rekan yang ingin memberikan saran jangkan sungkan-sungkan ya karena dari saran tersebut dapat meningkatkan ilmu kita semuanya begitu juga dengan pertanyaan rekan-rekan. Salam semangat dan terimakasih. 



0 Response to "Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD 2018/2019 Part II"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel