Dapodik Sudah Sinkron 100%, Tapi di Manajemen PAUD dan Dapodik Online Data Belum Terupdate, Bagaimana Solusinya?
Salam semangat buat rekan-rekan OPS serta Bunda PAUD semuanya, postingan kali ini admin ingin membahas permasalahan yang sudah beberapa hari ini dikeluhkan oleh sebagian Operator ataupun Bunda PAUD sekalian. Apa Permasalahannya?
Permasalahannya adalah Aplikasi DAPODIK PAUD sudah berkali-kali berhasil di sinkronkan, tapi pada saat di periksa pada Manajemen PAUD dan Dapodik PAUD Online data dapodik belum terupdate. Berikut ini sebuah pertanyaan dari rekan-rekan sekalian.
Admin, saya sudah berhasil sinkronkan dapodik 100% tapi, di manajemen belum update?
Ya, permasalahan ini juga pernah admin alami untuk beberapa dapodik yang sedang diampuh. Sudah melakukan berualang kali sinkronisasi dapodik, tapi hasilnya data tersebut masih belum terupdate di manajemen PAUD dan Dapodik PAUD Online. Alhamdulillah hari ini, permasalahan tersebut sudah bisa teratasi.
Bagaimana Solusinya Admin?
Sabar dulu ya, sebelum kita membahas bagaimana solusinya. Alangkah baiknya kita mengenali permasalahan tersebut. Kenapa Layanan/Rombel tidak terupdate di Manajemen dan Dapodik PAUD Online?.
Setelah admin telusuri permasalahan ini terjadi disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:
1. Dapodik sekolah yang sedang diampuh sebelumnya di kerjakan di PC/Laptop yang lain.
Memangnya berpengaruh ya admin?
Berpengaruh atau tidaknya, admin mengalami hal ini berpengaruh karena dibuktikan untuk beberapa dapodik yang sebelumnya telah admin kelola di PC/Laptop yang sama semua data sudah terupdate atau sinkron di Manajemen PAUD dan Dapodik PAUD Online dengan mudah. Maksudnya setelah Dapodik admin sinkronkan, langsung admin check di Manajemen PAUD dan hasilnya Data Dapodik sudah tersinkronisasi di Manajemen PAUD dan Dapodik PAUD Online. Hasilnya seperti gambar dibawah ini (Dapodik PAUD Online) .
2. Pemilihan meluluskan peserta didik pada saat meluluskan peserta didik kurang tepat, maksudnya gimana si Admin?
Maksud admin, barangkali kita meluluskan Peserta Didik satu-persatu alias tidak menggunakan Tab Action Menu yang tersedia di Menu Rombel. Memangnya berpengaruh ya admin? untuk kali ini berpengaruh. Kenapa? karena pada saat kita akan mengatasi permasalahan yang bakalan di bahas kali ini Data Peserta Didik di Rombel menjadi data Peserta Didik di Tahun lalu.
Setelah kita mengetahui apa yang menyebabkan Dapodik Sudah Sinkron 100%, Tapi di Manajemen PAUD Data dan Dapodik Online Belum Terupdate. Selanjutnya kita akan membahas bagaimana Solusinya?.
Solusi Dapodik Sudah Sinkron 100%, Tapi di Manajemen PAUD dan Dapodik Online Belum Terupdate:
Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Silahkan klik pada Menu Rombel > lalu klik pada Anggota Rombel (Ganjil 2018/2019).
Masuk dihalaman Edit Anggota Rombel, silahkan klik pada Nama Peserta Didik lalu klik pada tombol Keluarkan dari Rombel. Lakukan hal tersebut sampai semua Peserta Didik Keluar dari Rombel.
Pada halaman Hapus Data klik Ya.
2. Berikut ini contoh Data Peserta Didik sudah berhasil di keluarkan data PD akan berpindah dari kom kiri ke kolom kanan.
Baca Disini: Panduan Penggunaan Dapodik Online 2018/2019
Akses Dapodik PAUD Online di:
https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik/
Dapodik PAUD Online |
2. Pemilihan meluluskan peserta didik pada saat meluluskan peserta didik kurang tepat, maksudnya gimana si Admin?
Maksud admin, barangkali kita meluluskan Peserta Didik satu-persatu alias tidak menggunakan Tab Action Menu yang tersedia di Menu Rombel. Memangnya berpengaruh ya admin? untuk kali ini berpengaruh. Kenapa? karena pada saat kita akan mengatasi permasalahan yang bakalan di bahas kali ini Data Peserta Didik di Rombel menjadi data Peserta Didik di Tahun lalu.
Baca Disini: Cara Meluluskan Peserta Didik Menggunakan Tab Action Menu Luluskan PD
Setelah kita mengetahui apa yang menyebabkan Dapodik Sudah Sinkron 100%, Tapi di Manajemen PAUD Data dan Dapodik Online Belum Terupdate. Selanjutnya kita akan membahas bagaimana Solusinya?.
Solusi Dapodik Sudah Sinkron 100%, Tapi di Manajemen PAUD dan Dapodik Online Belum Terupdate:
Solusinya : Kita harus mengeluarkan seluruh Peserta Didik yang ada di setiap Rombel kemudian menghapus rombel tersebut.
Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Silahkan klik pada Menu Rombel > lalu klik pada Anggota Rombel (Ganjil 2018/2019).
Masuk dihalaman Edit Anggota Rombel, silahkan klik pada Nama Peserta Didik lalu klik pada tombol Keluarkan dari Rombel. Lakukan hal tersebut sampai semua Peserta Didik Keluar dari Rombel.
Pada halaman Hapus Data klik Ya.
2. Berikut ini contoh Data Peserta Didik sudah berhasil di keluarkan data PD akan berpindah dari kom kiri ke kolom kanan.
4. Selanjutnya yang akan kita lakukan, silahkan Klik pada tombol Tambah di Menu Rombel untuk menambah Rombel Baru.
Setelah Rombel telah berhasil di tambahkan, silahkan isikan Anggota Rombel (Ganjil 2017/2018). Caranya: silahkan isikan Kolom Pendaftaran dengan Siswa Baru, setelah itu Data Peserta Didik (PD) yang ada dikolom sebelah kanan tarek ke kolom sebelah kiri.
Setelah Rombel telah berhasil di tambahkan, silahkan isikan Anggota Rombel (Ganjil 2017/2018). Caranya: silahkan isikan Kolom Pendaftaran dengan Siswa Baru, setelah itu Data Peserta Didik (PD) yang ada dikolom sebelah kanan tarek ke kolom sebelah kiri.
Jika pengisian anggota rombel telah selesai, tahapan selanjutnya silahkan lakukan Pengisian pada tombol Pembelajaran (Ganjil 2017/2018).
Baca Disini: Update Pembelajaran atau JJM di Dapodik PAUD
Apabila semua data telah diisi, silahkan refresh (CTRL+F5) di Keyboard. Lalu klik pada Tombol Validasi yang ada di Menu Beranda, apabila sudah tidak ada data invalid silahkan lakukan sinkronisai.
Alhamdulillah hasilnya Dapodik PAUD sudah berhasil di sinkronkan dan Data di Manajemen PAUD serta Dapodik PAUD Online telah berhasil terupdate.
Hasil di Manajemen PAUD |
Baca Disini : Solusi Gagal Sinkronisasi Mengirim Data di 40% Dapodik PAUD 2019
Hasil di Dapodik PAUD Online |
Baca Disini : Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD I
Baca Disini : Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD II
Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga dapat membantu rekan-rekan dalam mengatasi permasalahan yang ada. Salam semangat dan terimakasih.
0 Response to "Dapodik Sudah Sinkron 100%, Tapi di Manajemen PAUD dan Dapodik Online Data Belum Terupdate, Bagaimana Solusinya?"
Posting Komentar