Cara Mengeluarkan dan Mengembalikan Peserta Didik di Dapodik PAUD

cara mengeluarkan dan mengembalikan peserta didik di dapopaud


Salam semangat buat semuanya, pada postingan kali ini admin ingin membahas mengenai Cara Mengeluarkan dan Mengembalikan data Peserta Didik di Dapodik PAUD. Maksudnya gimana sih min?


Catatan: Data Gambar yang digunakan gambar di dapopaud v.3.2.1
Ingat! Mengeluarkan peserta didik disini maksudnya meluluskan peserta didik di semester lalu di dapopaud 2019. Sedangkan mengembalikan data peserta didik disin maksudnya mengembalikan data peserta didik yang akan kembali bersekolah. 
Kasus di Semester genap 2017/2018
Memasuki semester ganjil tahun ajaran 2017/2018, di sekolah tempat admin bekerja terdapat seorang peserta didik yang keluar dikarenakan harus pindah bersama keluarganya otomatis peserta didik berkurang 1 begitu juga dengan data peserta didik di dapopaud. Jadi bagaimana cara mengatasi hal seperti ini, para rekan operator ataupun bunda PAUD harus melakukan pendataan kembali buat peserta didik tersebut di aplikasi dapodik paud  disemester ini. 
Namun pada kali ini kita juga akan membahas Kasus di Semester Ganjil 2018/2019. Untuk informasi selengkapnya silahkan bunda dan rekan OPS PAUD simak informasi berikut. 

Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang harus di lakukan:

Cara Mengeluarkan Peserta Didik di dapopaud:

1.Pastikan rekan-rekan sudah login,selanjutnya klik pada Menu Peserta Didik jika sudah muncul data peserta didik, klik lah pada nama peserta didik yang keluar atau pindah tersebut dalam kasus ini nama peserta didiknya Husnul Khotimah. Klik Menu Registrasi maka akan muncul halaman Registrasi Peserta Didik seperti dibawah ini.   


Baca juga : Cara Meluluskan Peserta Didik Tingkat Akhir pada Semester Genap 2017/2018 di Dapopaud 2019 menggunakan Menu Rombel lebih Cepat
Baca juga : Cara Meluluskan Peserta Didik di Dapopaud 2019 Menggunakan Menu Peserta Didik  



2.Selanjutnya untuk membuat keterangan bahwasanya peserta didik tersebut keluar yaitu pada Bagian Di isi saat sudah keluar
Isilah pada Keluar karena misalnya mutasi, kemudian tanggal keluar sekolah kapan, dan buat alasannya misalnya pindah sekolah. Setelah itu klik Save and Close



3.Setelah di klik Save and close, maka kembali masuk ke halaman menu Peserta Didik dan disini kita bisa lihat data atas nama peserta didik Husnul Khotimah sudah tidak ada lagi. 



4.Untuk melihat apakah data peserta didik tersebut sudah keluar, caranya klik pada menu PD Keluar, lihat pada gambar dibawah ini nama peserta didik Husnul Khotimah sudah berhasil dikeluarkan dari data peserta didik.  




Cara Mengembalikan Peserta Didik yang Sudah di Keluarkan di dapopaud:

Kasus selanjutnya, setelah admin mengeluarkan peserta didik tersebut ternyata kepsek kembali meminta admin untuk memasukkan data peserta didik atas nama Husnul Khotimah ke daftar peserta didik, karena untuk tujuan tertentu. Tapi admin tidak khawatir karena admin tidak perlu mengetik ulang data peserta didik tersebut tetapi dengan melakukan tahapan-tahapan sebagai berikut:

1.Klik pada Menu PD Keluar, kemudian pilih atau klik nama peserta didik > klik batalkan, lalu akan muncul pemberitahuan seperti dibawah ini lalu klik Ya. 


2.Setelah klik ya, maka kembali masuk ke halaman PD Keluar dan disini kita bisa lihat data peserta didik atas nama Husnul Khotimah sudah tidak ada. Trus kemana data nya pergi...? 


3.Data peserta didik yang keluar tersebut kembali masuk ke Menu Peserta Didik alias peserta didik tersebut kembali terhitung belajar di sekolah tersebut. Jangan lupa di Reload atau refresh terlebih dahulu dapodiknya. 


Itulah tahapan-tahapan yang dapat dilakukan oleh operator ataupun bunda PAUD jika mengalami kasus seperti diatas. Semoga Bermanfaat... dan terimakasih... 

0 Response to "Cara Mengeluarkan dan Mengembalikan Peserta Didik di Dapodik PAUD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel