Lunakkan Daging dengan Daun dan Buah Papaya



Salam semangat dan bahagia buat kita semuanya, Alhamdulillah kita telah menjalani Lebaran Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban, dan pastinya sekarang di setiap rumah terdapat daging hewan kurban. Setelah kita mendapatkan daging hewan kurban pastinya kita sudah tidak sabar untuk membersihkan agar segera dimasak dan dicicipi. 

Namun, bagi beberapa orang mengalami kendala pada saat memasak daging kurban, contohnya saja keluarga admin, pada tahun lalu setelah daging kurban didapat kemudian dibersihkan kami langusung memasaknya. Alhasil daging kurban tersebut tidak lunak alias masih keras dan tidak bisa dimakan, padahal sudah direbus berjam-jam sekitaran 3-5 jam. 

Tapi, untuk tahun ini kami mendapatkan informasi gimana caranya agar daging kurban tersebut lebih cepat lunak dengan memanfaatkan Daun dan Buah Pepaya. Cara ini memang langsung kami terapkan alhasil terbukti daging kurban yang telah di campur dengan parutan pepaya memang langsung lunak. 

Oleh karena itu, pada postingan ini admin ingin berbagi pengalaman sehingga dapat membantu rekan-rekan semuanya juga. 


Cara Melunakkan Daging dengan Daun dan Buah Papaya

Sebenarnya yang bekerja melunakkan daging bukanlah Daun atau Buah Papaya, melainkan "Getah" yang terdapat didalamnya. Cara kerjanya daun papaya akan sedikit di remas-remas agar getahnya keluar sebelum digunakan untuk "Membungkus Daging Kurban". 

Tidaknya hanya pada daun, getah pada Buah Papaya Muda pun dapat digunakan untuk melaunakkan daging. Dan cara inilah yang admin terapkan. 

Kandungan dalam getah papaya yang bekerja membuat daging lunak adalah Enzim Papain. Sejenis enzim protease atau enzim pencerna protein. Enzim tersebut akan memecah molekul protein dalam daging menjadi berukuran lebih kecil sehingga akan terasa lebih lunak ketika dimakan. Kerja Enzim ini hampir sama dengan kerja enzim pepsin dan tripsin yang ada dalam saluran pencernaan manusia.

Setelah kita mengetauhi mengenai apa yang terdapat didalam Papaya sehingga membuat daging lunak. Selanjutnya kita masuk ke Cara Melunakkan Daging dengan Daun dan Buah Papaya


Menggunakan Daun Papaya

Lunakkan Daging dengan Daun  Papaya
Gambar. Melunakkan Daging dengan Daun Papaya

Berikut ini adalah Cara Melunakkan Daging dengan Daun Papaya:

1. Cuci bersih daging dibawah air yang mengalir. 

2. Ambillah selembar daun papaya dan remas-remaslah dengan lembut agar getahnya sedikit keluar. 

3. Gunakan daun tersebut untuk membungkus daging yang akan dilunakkan. 

4. Biarkan selama beberapa beberapa jam agar enzim papain dapat bekerja dengan baik. 

5. Semakin lama dibungkus , maka daging akan semakin lunak. 

Ingat: Kebanyakan getah papaya yang keluar dapat membuat rasa daging agak berubah karena getah papaya terasa pahit. 

Barangkali menjadi pertanyaan buat kita Daun Papaya yang lebih baik digunakan Daun Papaya Muda atau Tua?

Daun Papaya yang lebih baik digunakan untuk melunakkan daging adalah Daun Papaya yang telah tua, karena daun tersebut biasanya mengandung lebih banyak getah. 

Menggunakan Buah Papaya Muda

Lunakkan Daging dengan  Buah Papaya Muda


Berikut ini adalah Cara Melunakkan Daging dengan Buah Papaya Muda:

1. Cuci daging dibawah air mengalir. 

2. Sediakan buah papaya muda tergantung seberapa banyak daging yang akan dilunakkan, lalu iris-iris atau potong buah papaya, lalu campurkan dengan daging yang akan dilunakkan. 

3. Selanjutnya, rebuslah daging yang telah dicampuri potongan buah papaya muda dan tunggu beberapa Jam atau bisa juga dalam beberapa menit (tergantung banyaknya daging yang akan dilunakkan). 


Alhasil, setelah beberapa jam merebus daging dengan memanfaatkan buah papaya, terbukti daging tersebut lunak. 

So, jangan ragu-ragu untuk mencobanya rekan-rekan. Semoga ilmunya bermanfaat dan Terimakasih. 


Sumber: edubio


0 Response to "Lunakkan Daging dengan Daun dan Buah Papaya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel