Tanya Jawab Seputar NUPTK

tanya jawab seputar NUPTK
Tanya Jawab Seputar NUPTK


Salam semangat buat seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan di seluruh Indonesia, pada postingan kali ini admin ingin membagikan informasi mengenai Seputar Tanya Jawab NUPTK. 

NUPTK bagi setiap GTK merupakan sebuah identitas diri baik yang betugas di sekolah Swasta maupun Negeri. 

Baiklah dengan tidak memanjangkan kata-kata muqaddimah, langsung saja kita masuk ke topik pembahasan.


Tanya Jawab Seputar NUPTK


1. Apa itu NUPTK?

NUPTK atau Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang menjadi identitas bagi pendidik dan tenaga kependidikan baik yang bertugas di sekoalh swasta maupun negeri. 

2. Haruskah NUPTK itu di Urus?
Jawabannya: Iya. Setiap PTK di haruskan untuk mengurus NUPTK untuk dapat mengikuti berbagai program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Terutama terkait pemberian tunjangan profesi guru. Oleh karena itu baik guru Honorer maupun PNS harus mengetahui syarat dan bagaimana cara mengajukan NUPTK.

3.  Apa-apa Saja Syarat Pengajuan NUPTK?

Berikut ini syarat-syarat Pengajuan NUPTK:
1. KTP 
2. Ijazah SD, SMP/MTS, SMA/SMK, dan S1/D4
3. SK Penugasan (awal sampai akhir)

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Syarat Pengajuan NUPT, silahkan baca disini. 
Baca: Syarat Pengajuan NUPTK

4. Bagaimana Cara Pengajuan NUPTK?

Untuk melakukan pengajuan NUPTK, guru-guru sekalian terlebih dahulu harus memeriksa status validasi data guru di vervalptk... Maksdunya apabila data guru tersebut pada status validasi sudah "Calon Penerima NUPTK" guru tersebut sudah bisa melakukan pengajuan NUPTK dan sebaliknya apabila data guru di status validasi "NUPTK tidak valid" berarti guru tersebut belum bisa melakukan pengajuan NUPTK. 

Barangkali menjadi pertanyaan buat guru-guru sekalian, Siapa yang akan melakukan upload data untuk pengajuan NUPTK tersebut? 

Jawabanya: Operator Sekolah, karena yang memiliki login untuk akses vervalptk tersebut adalah punya Operator Sekolah. Tapi bisa saja guru yang melakukan pengajuan secara langsung apabila OPS memberikan data login ke vervalptk. 

Untuk bagaimana cara Upload File Pengajuan NUPTK, silahkan disimak pada informasi berikut ini.

Baca : Cara Upload File Pengajuan NUPTK 2018

5. Apakah Semua GTK/PTK Dapat Mengajukan NUPTK?

GTK/PTK yang bisa mengajukan NUPTK yaitu GTK/PTK yang "Status Validasi di vervalptk sudah Calon Penerima NUPTK", apabila status sudah Calon Penerima NUPTK guru sekalian diharapkan untuk melakukan pengajuan NUPTK bagi yang belum memiliki NUPTK, karena bagi yang sudah memiliki NUPTK pada vervalptk status validasi sudah NUPTK Valid. 

6. Apa yang Menyebabkan Dokumen Pengajuan NUPTK belum di Approve Dinas apalagi LPMP ?

Bagi rekan-rekan OPS, setelah melakukan pengajuan NUPTK untuk setiap guru diharapkan untuk selalu memeriksa Status Penerimaan NUPTK, karena kebanyakan dari kita termasuk admin setelah melakukan pengajuan tidak memeriksa Status Penerimaan NUPTK tersebut lagi. Terkadang Data guru yang telah dikirimkan tersebut belum di terima Dinas ataupun LPMP dan kita tidak mengetauhi. 

Pada halaman Status Penerimaan NUPTK kita bisa memeriksa kondisi pengajuan NUPTK guru, apabila masih belum di terima silahkan perbaiki data yang belum lengkap karena akan diberikan informasi mengenai data-data apa saja yang harus dilengkapi lagi. 

Permasalahan yang sering muncul yaitu pada File Surat Keterangan yang dirimkan, saran admin usahakn file SK yang dikirimkan mulai dari SK awal hingga SK akhir. 

Permasalahan selanjutnya,,, karena belum memiliki Ijazah S1/D4... ini harus diperhatikan bahwasanya NUPTK bisa diajukan dengan syarat guru tersebut sudah memiliki ijazah S1/D4.

7. Sudah Memiliki NUPTK namun Status Validasi Masih Calon Penerima NUPTK?

Bagi rekan-rekan OPS ataupun guru barangkali ada menemukan data sudah memiliki NUPTK tapi sayangnya status validasi masih Calon Penerima NUPTK, Jangakan terlalu khawatir guru sekalian, karena berikut ini ada solusinya semoga dapat membantu. 
Baca : Solusi Sudah Memiliki NUPTK namun Status Validasi Masih Calon Penerima NUPTK
8. Apa Fungsi dari Menu Baru Upload Ulang SK pada varvalptk?

Untuk penjabaran mengenai fungsi dari menu baru upload ulang SK, silahkan disimak inforamsi berikut ini. 
Baca : Menu Baru Upload Ulang SK di vervalptk

9. Berapa Lama Waktu Penerbitan NUPTK?
Pertanyaan seperti ini sering admin dapati baik secara langsung maupun di beberapa forum facebook. Siapa sih guru yang tidak mau memiliki NUPTK, pasti semuanya mau... Namun, untuk menjawab berapa lama waktunya, itu tergantung dari orang dinas serta LPMP. 

Terpenting guru serta rekan-rekan operator sekolah harus sering memeriksa Status Penerimaan NUPTK di vervalptk caranya silahkan klik pada menu NUPTK lalu pilih Status Penerima NUPTK. Karena disitulah kita bisa melihat sudah sejauh mana proses pengajuan NUPTK tersebut. 


10. Kenapa NUPTK Saya (Guru) Belum Terbit?
Belum beberapa lama ini, admin mendapatkan pertanyaan dari guru. Pertanyaannya "Kenapa NUPTK Saya belum terbit padahal saya sudah mengajukan setahun yang lalu, sedangkan guru yang baru satu bulan mengajukan langsung terbit NUPTKnya?"

Sebenarnya terbit atau belumnya NUPTK tersebut itu tergantung Dinas serta LPMP karena mereka lah yang akan memprosesnya, jadi sebaiknya guru sekalian langsung berkonsultasi kepada orang Dinas agar informasinya lebih jelas dan akurat. 

Solusi lainnya: Guru sekalian bisa memeriksa kondisi dari pengajuan NUPTK tersebut di vervalptk, barangkali masih ada bagian yang salah atau belum terupload. Jika semuanya sudah dan tinggal menunggu "Penerbitan NUPTK" saja, diharapkan guru sekalian untuk bersabar. 


Demikianlah seputar Tanya Jawab NUPTK yang diajukan oleh guru-guru sekalian di group atau bertanya langsung kepada admin. Semoga bermanfaat dan terimakasih, salam semangat dan semoga bagi guru-guru yang belum terbit NUPTK nya segera diterbitkan. 

0 Response to "Tanya Jawab Seputar NUPTK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel