Inilah Akibatnya Jika Tidak Mematikan Komputer Tanpa Shutdown


Komputer atau Laptop akan berjalan dengan semestinya, jika kita sebagai pengguna merawatnya dengan hati-hati. namun tidak sedikit pengguna komputer lalai dengan hal itu. biasanya pengguna komputer yang sedang terburu-buru akan mematikan komputer dengan menekan tombol power tanpa melalui perintah shutdown lagi, karena akan memakan waktu yang lumayan lama.


Nah, pada artikel kali ini. mimin akan menjelaskan dampak-dampak negatif apa saja, jika komputer tidak dimatikan dengan perintah shutdown. Silahkah simak baik-baik artikel di bawah ini:

Inilah Akibatnya Jika Tidak Mematikan Komputer Tanpa Shutdown


1. Registry Komputer Menjadi Berantakan
masalah yang akan muncul pertama kali ketika kamu tidak melakukan shutdown pada komputer adalah, registry di system operasi milikmu akan berantakan. seperti yang kita ketahui bahwa Registry adalah sebuah sub-sub kunci, data-data dan perekaman aktivitas dari sebuah software, game, driver atau bahkan system operasi itu sendiri.
jadi, ketika komputer kamu sedang digunakan, secara tidak sadar kamu telah mengaktifkan dan menggunakan beberapa registry di system operasi. dan ketika kamu mematikan komputer tanpa perintah shutdown, registry yang kamu gunakan tadi dihentikan secara paksa dan tercerai-berai di dalam komputer. (tidak disimpan ke tempat yang semestinya).

2. Harddisk menjadi Bad Sector
Kerusakan yang paling umum dialami oleh pengguna komputer adalah, terletak pada media penyimpanan Harddisk. Cara kerja Harddisk itu sendiri yaitu ketika komputer dihidupkan, piringan di dalam Harddisk akan berputar dan setelah itu kemudian komputer akan membaca data-data di dalam Harddisk.
Jadi, ketika komputer dimatikan secara paksa tanpa perintah shutdown, maka Harddisk yang tadinya masih berputar melakukan pembacaan / penulisan data akan berhenti secara paksa dan sedikit demi sedikit mengalami kerusakan pada piringannya. atau bahasa kerennya itu Bad Sector.

3. RAM akan bermasalah
Random Access Memory atau disingkat RAM, berfungsi sebagai media penyimpanan sementara di komputer. yang tentu saja memiliki peran sangat penting. tanpa RAM, komputer milik kita tidak akan dapat mengeksekusi atau membagi perintah yang diberikan oleh kita sebagai pengguna komputer.
Jika kita mematikan komputer tanpa menggunakan perintah shutdown, maka RAM akan menutup paksa aplikasi yang sedang berjalan. baik itu yang ditampilkan di monitor, maupun yang berjalan di belakang layar. dan kemungkinan terburuknya adalah RAM akan rusak seiring berjalannya waktu.

4. Processor akan rentan rusak
Processor adalah komponen yang paling penting dalam komputer, karena dia berfungsi sebagai otak dari komputer untuk melakukan semua aktivitas dan perintah dalam sistem komputer. ketika otak komputer kita sedang berfikir dan bekerja secara maksimal, apakah kamu yakin untuk menghentikan secara paksa processor kita tersebut?

5. Power Supply akan rusak
Power Supply adalah sebuah elemen terpenting di komputer (kalau di laptop itu baterai). yang mana jika tidak ada power supply, maka komputer tidak akan bisa kita hidupkan.
jadi, sebagai sumber tenaga listrik di komputer, power supply sangat mudah rusak jika kita tidak mematikan komputer dengan perintah shutdown. akibatnya jika telah rusak, kita harus membeli power supply yang baru untuk komputer.


Itu dia beberapa dampak-dampak buruk jika kita mematikan komputer secara paksa tanpa melakukan perintah shutdown, yang mana perlu di ingat lagi. komputer adalah barang yang mudah rusak, jika kita sebagai pengguna tidak berhati-hati dalam menggunakannya.


0 Response to "Inilah Akibatnya Jika Tidak Mematikan Komputer Tanpa Shutdown"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel