Cara Memperbaiki Error 5B00 / P07 Pada Printer Canon MP280 / MP287


Memiliki sebuah Printer sendiri di rumah memang banyak keuntungannya, selain menghemat biaya pengeluaran dalam hal fotocopy atau melakukan print sebuah berkas. printer milik kita sendiri juga sangat amat diperlukan jika kita sedang menyusun sebuah skripsi.


Hanya saja terkadang printer kita bermasalah entah kenapa dan apa sebabnya sehingga printer menjadi error atau bisa juga terjadi kerusakan yang menyebabkan printer tidak berjalan dengan semestinya. seolah-olah kita harus membeli baru printer jika ingin masalah yang kita alami dapat teratasi.
kasus ini dialami oleh mimin Siluman Komputer sendiri beberapa hari yang lalu sebelum postingan ini dibuat, ketika itu mimin hendak akan melakukan print sebuah berkas untuk keperluan yang sangat penting dan ketika mimin coba menghidupkan printer, USB dan Printer tidak berjalan dengan semestinya. dan muncul pesan Error Kode 5B00 pada layar laptop mimin.

Tapi tenang sob, jika kamu membaca postingan ini. tentu saja kamu mengalami hal yang sama bukan? jika iya simak baik-baik penjelasan dan fix problem seperti gambar di atas yang sudah mimin atasi dengan mudah sebenernya.

1. Pertama-tama hidupkan printer kamu dan hubungkan dengan laptop. (pastikan baik laptop maupun printer dalam keadaan menyala)

2. Tekan dan tahan tombol Reset / Stop pada printer, kemudian tekan dan tahan tombol Power secara bersamaan. (posisi kedua tombol tersebut dalam keadaan ditekan)

3. Kemudian lepas tombol Reset / Stop pada printer, akan tetapi dengan keadaan tombol Power masih ditekan.

4. Dalam keadaan tombol Power masih ditekan, lalu tekan lagi tombol Reset / Stop sebanyak 6x. dan jika lampu LED printer berkedip saat kamu menekan  tombol Reset / Stop sebanyak 6x, berarti printer merespon tombol yang kamu tekan tadi.

Catatan:
Jika terjadi Not Responding, lakukan mulai dari awal langkah di atas, akan tetapi tombol Reset / Stop hanya ditekan sebanyak 5x saja.

5. Kemudian download sebuah software untuk memformat Error 5B00 / P07 yang bisa kamu download pada postingan ini. (klik disini)

6. Jika aplikasi tadi sudah di download ekstrak terlebi dahulu menggunakan program seperti WinRaR, dan klik kanan pada aplikasinya. lalu pilih opsi Run As Administrator.

7. Sediakan kertas sebanyak 3 lembar dan letakkan di printer. (Terserah mau ukuran Legal atau A4).


8. Kemudian lihat kembali ke software yang telah kamu buka tadi.coba kamu klik tombol "Test Print" seperti gambar di bawah ini. (tunggu hingga printer merespon dan mencetak sebuah dokumen)


9. Kalau sudah ada tulisan yang keluar coba klik "EEPROM" dan tunggu lagi hingga ada LOG file dari printer itu sendiri.


10. Nah ok, sekarang kita akan melakukan reset printer.

11. Pada gambar di bawah ini, silahkan kalian klik "Set" pada menu Clear Ink Counter dan tunggu hingga suara printer jadi diam. lalu langkah terakhir klik lagi "Set" pada bagian menu Ink Absorber Counter.

12. Langkah selanjutnya silahkan matikan printer anda dan cabut USB printer dari laptop sobat, kemudian pasang lagi.

13. Selamat, Printer anda sudah diperbaiki dan berjalan dengan baik lagi... :D


Sebenarnya Error 5B00 / P07 Pada Printer Canon MP280 / MP287 terjadi karena printer yang sobat miliki sudah berumur dan memory atau apalah itu sebutannya yang di dalam printer sudah penuh, dan butuh di reset ke pengaturan pabrik seperti semula.
jadi dengan cara-cara di atas, kita dapat memformat pengaturan printer milik kita seperti semula (pada saat baru pertama kali di beli). tentu saja ini tidak akan berdampak apa-apa seperti contoh pada driver printer tidak akan di format. (jadi kita tidak perlu lagi menginstall driver printer). karena langkah-langkah di atas hanya reset printer saja.

Oke sob, jika postingan tentang "Cara Memperbaiki Error 5B00 / P07 Pada Printer Canon MP280 / MP287" ada yang tidak kamu mengerti, silahkan tanyakan di kolom komentar saja yuaaa XD


0 Response to "Cara Memperbaiki Error 5B00 / P07 Pada Printer Canon MP280 / MP287"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel