Kelahiran PMP 2017 Versi 2.0

Pom OPS � Teman-teman OPS dan Guru Semua, seperti yang kita ketahui Terhitung mulai 2 Mei 2017 bahwa Pengiriman Data PMP Tahun 2016 telah ditutup. Penginputan dan Pengiriman data PMP Tahun 2017 akan dibuka kembali setelah aplikasi PMP versi 2017 rilis.

Tidak ada salahnya kita mempelajari informasi pendahuluan mengenai aplikasi PMP 2017 yang akan segera lahir beberapa hari lagi. Apakah ada beda antara Aplikasi PMP 2016 dengan PMP 2017 ??? berikut daftar perbedaannya sesuai dengan hasil Workshop Operator LPMP dari tanggal 22-24 Mei 2017:

Infrastruktur, Pada Aplikasi PMP 2017 pihak kementerian telah menambah daya tampung server dimana server dibagi 2 wilayah, server 1 untuk wilayah Indonesia barat dengan daya 2T-64Gb dan server 2 untuk wilayah Indonesia tengah dan timur dengan daya 2T-64Gb, serta Server database dengan daya tampung 14 T-128Gb. Tahun 2016 lalu server PMP berdaya 1T-64Gb, server Backup 2T-32Gb dan Server database 2T-32Gb .  Mudah-mudahan dengan penambahan daya server ini akan bisa memberikan solusi agar tidak lagi terjadi gangguan saat sinkron, data tidak terbaca dan berbagai masalah yang lain.

Aplikasi PMP, Perubahan pada aplikasi PMP meliputi perubahan: a). Perubahan metode verifikasi syarat pengiriman data yaitu tombol submit tidak dapat berfungsi jika responden belum lengkap ( jumlah responden :Kepala sekolah; Siswa minimum 5 orang per tingkat dan untuk SD hanya kelas 4-6. Jadi jumlah responden siswa minimum 15 orang/sekolah; Guru SD minimum 1 orang per tingkat kelas dan minimal 1 orang guru agama dan 1 orang guru penjaskes (SD minimum 8 orang guru), Guru SMP/SMA/SMK minimum 1 orang guru per mata pelajaran; Komite sekolah minimal 1 orang perwakilan pimpinan komite dan 2 orang tua wali murid; Pengawas Pembina); b). LPMP dapat melihat perbedaan responden sekolah vs pengawas;  c)LPMP dapat melihat kesamaan/keseragaman jawaban; d) Perubahan struktur database aplikasi pmp ; e) Penyesuaian kuesioner PMP ;  f) Penambahan menu rapor mutu 8 SNP ;  g) Bundling installer aplikasi dapodik dan PMP . Berikut Visualisasi Aplikasi PMP 2017 yang baru:




Perangkat, Persiapan Perangkat Keras (Hardware): Komputer PC/Laptop (Min. Processor setara i3, RAM 2GB ke atas, OS Win 7-8-10, Min. Layar 12 inchi ) , Modem/Internet untuk pengiriman data , Access Point (AP) /Router untuk Jaringan Ad-hoc. Persiapan Perangkat Lunak (Software): Installer Dapodik 2017 (dilengkapi data prefill jika registrasi offine, koreg, username dan password), Installer PMP versi 2.0, Peramban Internet / Browser (Chrome, Mozilla, dll).

Web PMP, Penampakan web PMP yang baru adalah kita dapat mendownload aplikasi dan updater PMP di situs PMP dikdasmen langsung yang dulunya aplikasi PMP hanya bisa didownload di situs Dapodikdasmen. Berikut visualisasi web nya:






Dan Masih banyak lagi perubahan lain yang teman-teman dapat download di file hasil workshop operator LPMP dimana isinya adalah Dokumen Permendikbud tentang pendataan Mutu tahun 2017, manual aplikasi PMP 2017, Kuisioner PMP 2017 yang baru dan simulasi Aplikasi PMP 2.0 Beta. Semoga bermanfaat selamat belajar dan silahkan download Filenya Disini Bro .

0 Response to "Kelahiran PMP 2017 Versi 2.0"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel