Ingin Upgrade RAM Laptop? Sebaiknya Kamu Baca Dulu Ini


RAM (Random Accest Memory) berfungsi untuk mempercepat kinerja komputer saat kita gunakan.. pada zaman sekarang ini kebutuhan akan RAM pada sebuah Komputer Laptop memang sangatlah tinggi..!! jika pada zaman dahulu RAM Komputer 512MB (DDR2) terbilang sudah cukup untuk aktivitas komputer sehari-hari, namun sekarang lain lagi. karena dengan RAM yang segitu gak akan cukup buat membuka aplikasi/software dengan lancar...!!

Baca Juga: Laptop/Komputer Kamu Cepat Panas? Atasi Dengan SpeedFan 4.52

Tapi tenang sob..!!
jika kamu mempunyai Laptop keluaran tahun 2012/2013, RAM yang terpasang di Motherboard kamu itu sudah 2GB (DDR3) dan itu menurut mimin sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan yang sekarang ini...!!

tapi tapi tapi... balik lagi ke pembahasan ini...!!
kenapa RAM 2GB pada saat ini perlu ditingkatkan? jawabannya adalah biar laptop kamu tambah cepat dan jarang terjadi System Crash pada Windows Exploler (jika kamu pengguna Windows taulah apa istilah tersebut..) 😁

dan mulailah kamu berfikir? RAM gue 2GB mau gue upgrade ke 4GB/6GB/8GB/16GB gimana caranya?
nahh.. untuk itulah saya membuat artikel ini, yang mana saya akan menjelaskan tips-tips jika kamu ingin upgrade RAM agar tidak menyesal dikemudian hari dan mengeluarkan uang lebih untuk perbaikan jika terjadi apa-apa.. :)


1. Kamu Upgrade RAM Untuk Apa?
ini adalah hal basic yang harus kamu ketahui kenapa kamu harus upgrade RAM... karena apa? RAM yang terpasang di Laptop jaman sekarang ini sudah 2GB dan itu sudah cukup buat Mengetik di Microsoft Office, Photoshop, Memutar Lagu, Browsing dll...!! jika kamu hanya melakukan aktivitas-aktivitas kurang lebih seperti yang mimin sebutkan itu... sebaiknya tidak usah Upgrade RAM, karena apa? pemborosan Uang bro..!! (RAM itu mahal buat mahasiswa kos-kosan kayak mimin) hehehehe

Tapi jika kamu adalah seorang gamer dengan RAM 2GB di Laptop kamu, sebaiknya kamu Upgrade RAM dehh.... buat menunjang aktivitas-aktivitas kamu dalam bermain game biar tambah lancar dan gak nge'LAG XD


2. Ketahui Jenis Processor Kamu
nah.. ini apa lagi coba?
kamu tahu apa itu Processor? Processor itu adalah otak komputer yang bertugas untuk membaca data-data dan algoritma (bit) dari sebuah system OS yang terpasang di Harddisk/SSD...!! tanpa Processor Komputer Laptop tidak akan bisa dijalankan... 😚

Tiap-tiap Processor di dalam suatu Komputer Laptop biasanya memiliki arsitektur yang berbeda-beda antara satu-sama lainnya.. dengan demikian kriterian dan support memory RAM yang dapat Processor baca berbeda-beda juga...!! dan yang perlu diperhatikan dari Processor milik Komputer Laptop kita antara lain adalah:

  • Max Memory Size (Ukuran Maksimal Memory) ini menunjukkan kapasitas maksimal dari RAM yang dapat dibaca oleh sebuah Processor. Misalkan Max Memory Size di Processor kamu adalah 16GB, maka kapasitas maksimum yang dapat dibaca oleh Processor kamu hanya sebatas 16GB dan apabila kamu memasang RAM pada lebih dari itu akan percuma sob...!! RAM yang terbaca hanya akan terbaca 16GB saja.
  • Type Memory, yang saya maksud disini adalah type slot RAM pada Motherboard Komputer Laptop kalian itu type apa? Contohnya jaman sekarang Komputer Laptop itu memakai 3 Jenis Slot memory RAM yang berjenis DDR3, DDR4, DDR5..!! jadi ketahui terlebih dahulu Komputer Laptop kamu berjenis DDR berapa..!! gak tau Mother Laptop kamu DDR berapa? silahkan bongkar Laptop kamu atau gunakan Software CPU-Z.
  • Memory Channel, maksudnya adalah support sampai berapakah channel Processor yang dimiliki oleh Komputer Laptop kamu? apakah Singel, Dual atau mungkin Triple.


3. System Operasi
perlu diketahui bahwa pada setiap Komputer Laptop yang kita gunakan terdapat jenis-jenis System Operasi yang mana kita sebagai pengguna perlu untuk mengetahui System Operasi apakah yang terinstall di Komputer Laptop kesayangan kita...!!

Apakah kalian tahu System Operasi Microsoft Windows & Linux? jika iya mana yang kalian pakai saat ini??
tahukah kamu jika tiap-tiap System Operasi memiliki batas-batas RAM yang dapat dia baca secara maksimal?? dan yang menggolongkan System Operasi saat ini digolongkan menjadi 2 macam yaitu: 32bit dan 64bit...!!

Apa itu 32bit dan 64bit? perbedaan mendasar antara 32bit dan 64bit itu terletak pada banyaknya kapasitas register yang dapat ditangani oleh CPU (Central Processing Unit) dalam satu kali perhitungan dan juga kemampuan dalam membaca RAM.

Perlu diketahui bahwa System Operasi seperti Windows yang berjenis 32bit hanya dapat membaca Maksimal RAM 4GB... jika dipaksakan untuk memasang RAM lebih dari itu, maka tidak akan terbaca...
Sedangkan untuk System Operasi 64bit dapat membaca RAM hingga 192GB 😱


4. Selaraskan Dengan RAM Bawaan
Dapakah kalian tahu bahwa RAM yang terpasang di komputer Laptop jaman sekarang ini standarnya adalah 2GB dan jika kamu berniat ingin meng'Upgrade RAM tersebut yang perlu kamu perhatikan adalah keselarasan antara RAM bawaan sewaktu laptop dibeli dengan RAM yang ingin kita tambahkan kepada komputer Laptop kita itu...!! karena apa? biar Laptop kamu tidak pincang sebelah karena RAM 1 dengan RAM 2 yang berbeda Ukuran dan Kapasitas..!!

  •     Jika RAM Laptop 2GB maka Upgrade lah ke 4GB (2GB + 2GB=4GB)
  •     Jika RAM Laptop 4GB maka Upgrade lah ke 8GB (4GB + 4GB=8GB)
  •     Jika RAM Laptop 8GB maka Upgrade lah ke 16GB (8GB + 8GB=16GB)
  •     Dan seterusnya...!!! intinya samakan kapasitas berapa GB RAM yang kamu miliki...!!

Dan juga yang paling terpenting adalah samakan juga Merk RAM yang kamu miliki... sebagai contoh jika Nama RAM kamu adalah Samsung, maka kamu harus membeli RAM bermerk Samsung juga jika ingin meng'upgradenya..!!

Terus selanjutnya jika RAM yang ingin kita Upgrade sudah sama Merknya... yang perlu kita lihat selanjutnya adalah kecepatan RAM itu sendiri..!! untuk admin sendiri memakai RAM dengan kecepatan 12800..!! kalo kamu??


5. Masa Garansi
ini juga perlu kalian ketahui lhoo...!! Komputer Laptop yang kamu gunakan saat ini memiliki masa garansi yang mana jika terjadi kerusakan di Komputer Laptop kamu yang dalam masa garansi aktif akan diperbaiki oleh Pihak pembuat Komputer Laptop itu sendiri...!!

Akan tetapi jika kamu membongkar Laptop kamu dalam keadaan masa garansi aktif, maka garansi tersebut hangus... jadi pikirkan secara matang dulu sob :)


Okeyyy...
mungkin segitu dulu postingan saya tentang  "Ingin Upgrade RAM Laptop? Sebaiknya Kamu Baca Dulu Ini" yang saya rasa penting untuk kamu baca sampai akhir jika kamu berkeinginan untuk menambah/Upgrade kapasitas dari RAM Komputer Laptop kamu..!!

Akhir kata Ws. Wb. 😇


Kata Kunci: Ram Laptop, SODIM, DDR3, DDR4, DDR5, Upgrade Ram, 1GB, 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, Windows, Linux, Laptop, Kecepatan RAM.

0 Response to "Ingin Upgrade RAM Laptop? Sebaiknya Kamu Baca Dulu Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel