Pengertian Game Full Version, Beta, Rip, RePack, ReLoaded Dan Istilah Lainnya



Tahukah kamu? Ada sebuah istilah di dalam dunia internet ketika kita akan mendownload game untuk perangkat Laptop / PC...!! lain konsol lain juga istilahnya, kali ini mimin Siluman Komputer bakalan membahas tentang "Pengertian Game Full Version, Beta, Rip, RePack, ReLoaded Dan Istilah Lainnya" yang mana jika kalian yang hendak mendownload sebuah game dari internet, atau yang sudah sering mendownload game dari internet tahu apa istilah-istilah yang saya sebutkan seperti di atas...

Okeyyy sobb... tanpa basa basi lagi mimin Siluman Komputer akan menjelaskan secara singkat, padat dan jelas istilah-istilah dari "Pengertian Game Full Version, Beta, Rip, RePack, ReLoaded Dan Istilah Lainnya" karena mimin gak suka  basa-basi karena nasi goreng yang dibeli kemaren punya mimin udah basi :v ...!! cekidooottt :v


Full Version
Game yang berlabel atau yang berjenis Full Version ini maksudnya adalah game tersebut masih Original dan masih asli seperti bawaan kaset gamenya (yang dijual di pasaran). biasanya game yang kita donwload berjenis Full Version ini membutuhkan serial number/crack/patch untuk bisa memainkannya.


Beta
Beta adalah istilah untuk game yang masih dalam tahap pembuatan, atau kalo dalam bahasa gaulnya (masih dalam proses uji coba bro..)..!! dan game berjenis Beta ini masih terdapat beberapa BUG/Error di dalamnya, maka daripada itu game berjenis Beta ini sengaja dibuat oleh pembuatnya untuk gamer-gamer di luar sana yang hendak mencoba game yang masih dalam tahap pengembangan dan melaporkan kesalahan/Error/BUG yang ditemukan, agar ketika game telah menjadi Full Version game tersebut tidak terdapat Error/BUG..!!
game  yang berjenis Beta umumnya memiliki ukuran lebih kecil dari game berjenis Full Version dikarenakan pada tahap Beta ini pemain hanya disuguhkan beberapa level saja untuk di coba..!! dan untuk mendapatkan semua levelnya kita perlu menunggu sang pembuat game merilis Full Versionnya..!! (yaiyalahhh.. lah wong game jenis Beta ini cuman untuk review/test aja :v )


Alpha
Alpa adalah istilah untuk game yang baru saja dibuat... game ini sangat-sangat tidak disarankan untuk di download, apalagi dimainkan karena masih terdapat banyak sekali BUG/Error di dalamnya. kualitas dari game ini masih mentah...!! grafik, audio, script dan tekstur dari game berjenis Alpha ini juga sangat buruk dan belum sinkron antara satu-sama lainnya.. jadi jika anda seorang gamer sangat tidak disarankan memainkan game berjenis Alpha ini tapi jika anda adalah seorang Alpha Tester silahkan saja :p


Demo
Singkatnya ialah game berjenis Demo adalah game yang dibuat untuk dicoba secara gratis sebelum dibeli / sebelum game tersebut sepenuhnya dirilis..!! kamu dapat mendownload sebuah game demo pada website resmi game tersebut untuk mencobanya secara gratis dan 1 hal yang perlu kamu ketahui? game berjenis Demo ini bukanlah game Full Version seperti yang mimin jelaskan di atas, melainkan game ini hanya untuk dicoba kemudian dibeli..!! (singkatnya ialah ketika kamu memainkan game berjenis Demo ini kamu hanya akan disuguhkan beberapa level / stage saja di dalam gamenya atau bisa saja kamu cuman bisa memainkan gamenya selama trial 30 hari) 


RIP
Jika kamu menemukan istilah game jenis RIP di belantara internet ini artinya game tersebut sudah di edit oleh sang publisher (bukan lagi original dari kaset asli gamenya).. uniknya game berjenis RIP ini sengaja dibuat untuk tujuan mengecilkan ukuran game aslinya yang misalkan ukuran awalnya itu 5GB bisa saja menjadi 1,8GB..!! 
Elemen di dalam game seperti Audio, Video dan Tekstur game tersebut di kompress dan di perkecil ukurannya tapi saat kamu hendak menginstall game berjenis RIP akan tampak ukuran asli gamenya..!! (yang mana jika kalian download gamenya ukuran 1,8GB setelah di instal jadi 5GB) #Wow


Full RIP
Sama seperti istilah game berjenis RIP seperti di atas.. Game Full RIP juga mengedepankan konsep size sebuah game diperkecil tapi saat di install keluarlah ukuran aslinya, hanya saja Game Full RIP ini ukurannya terbilang ekstream dalam mengkompress sebuah file game, yang mana misalkan ketika kita download game Full RIP berukuran 700MB dan saat kita install jadi 10GB..!!! 


RePack
RePack adalah instilah game yang di kompress secara penuh tanpa mengurangi file-file di dalam game itu, hanya saja bila ada yang dikurangi itu biasanya hanya dari segi Video (cutscene) dan tentu saja pengurangan kualitas video yang ditampilkan di gamenya. misalkan dari 1080p jadi 480p... jujur untuk mimin sendiri jika sedang sedikit kuota internetnya, mimin memilih untuk mendownload game berjenis kayak RePack aja..!!


ReLoaded
Game berjenis ReLoaded adalah jenis game yang hampir mirip dengan jenis game Full Version, hanya saja untuk versi game ReLoaded ini kita hanya perlu menginstall file installer game tersebut dan dapat langsung kita mainkan. karena ketika kita mendonwload dan menginstall game berjenis ReLoaded ini, di dalamnya sudah terdapat crack/patch/serial yang secara otomatis terpasang saat penginstalan game. hanya saja untuk ukuran dari game ini agak sedikit lebih besar ketimbang game yang berjenis Full Version.


High Compress
satu lagi istilah untuk download game yang banyak beredar di internet yaitu game bejenis High Compression..!! jadi istilah High Compression itu apa? itu adalah istilah sama kayak Full RIP yang mimin jelaskan di atas, yaitu mengkompress ukuran game yang dari GB ke MB..!! :0
tapi untuk game bejenis High Compress ii sendiri terbilang lebih ekstream lagi daripada Full RIP, karena apa? contohnya saja waktu itu mimin download game GTA San Andreas yang berukuran hanya 1MB ketika di install kurang lebih menjadi 5GB lebih...!! (solusi download game tapi kuota sekarat.. wkwkwkwk)
tapi sayangnya kebanyakan game yang berjenis High Compress ini banyak tidak work alias ketika akan dimainkan tidak bisa (rusak file gamenya karena kompressnya terlalu kecil)..


Trial/Shareware
game jenis Trial ini artinya kamu bisa memainkan, mengkopi, mengupload ulang gamenya atau membagikannya kepada teman kamu... dan game ini sudah termasuk golongan game Full Version, akan tetapi jangan lupakan label Trial..!! maksud dari trial ini kamu akan dibatasi dalam memainkan gamenya misalkan hanya dapat memainkannya selama 30 menitan atau hanya dalam kurun waktu 30 hari saja...!!


Freeware
seperti judulnya Free alias Freeware adalah game jenis game yang dipublikasikan secara gratis kepada publik, jadi kamu bebas memainkannya sesuka hati kamu (tidak seperti game berjenis Trial/Shareware di atas)..


SkidRow
SkidRow adalah sebuah organisasi yang mengklaim sebagai pembajak game-game dunia dan men'share game bajakannya kepada publik..!!  kita dapat mendownload game yang berjenis SkidRow ini 100% sama persis kayak di CD/DVD game aslinya dan mendapatkan lisensi key dari game yang kita inginkan secara cuma-cuma..


Portable
Dan yang terakhir adalah game berjenis portable yang dapat kalian temukan di internet ini adalah game yang tidak perlu kalian install di komputer / laptop kalian. jadi tinggal download dan double klik file type (.exe) dari gamenya, langsung main dahhh... XD


Yosh...
mungkin hanya itu saja yang dapat sampaikan tentang "Pengertian Game Full Version, Beta, Rip, RePack, ReLoaded Dan Istilah Lainnya" yang mana jika kalian ingin mendownload sebuah game di internet wajib tahu istilah-istiah seperti yang saya sampaikan di atas, karena apa? agar kalian tidak mudah dikibulin / marah-marah kepada sang uploader karena game yang kalian download tidak sesuai harapan... :p

sampai disini dulu postingan saya ini... sampai ketemu di postingan selanjutnya guys.. :D


0 Response to "Pengertian Game Full Version, Beta, Rip, RePack, ReLoaded Dan Istilah Lainnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel