Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2017-B



Sahabat Operator Dapodikdasmen di seluruh Indonesia dan khususnya di Kabupaten Karawang terimakasih telah mengunjungi blog http://pomdapodiksma.blogspot.co.id yang berisi tentang panduan penggunaan Aplikasi Dapodik.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan informasi mengenai Rilis Aplikasi  Dapodik Versi 2017-B.

Pasti anda bertanya-tanya, apakah saat ini sudah ada pembaruan Aplikasi Dapodik lagi?

Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini Aplikasi Dapodik terbaru adalah versi 2017a. Maka sangat wajar sekali jika nanti akan diupdate menjadi versi 2017-B.

Memang mengenai pembaruan aplikasi ini belum dipublikasikan secra resmi oleh tim dapodikdasmen Kemendikbud.



Namun pada tanggal 19 April 2017 Kemarin, di bagian menu Unduh website dapodikdasmen tersedia link data prefill rapor. Sayangnya link tersebut telah dihapus oleh pihak admin pusat disebabkan adanya persiapan untuk melakukan rilis Aplikasi Dapodik versi 2017-B.

Melihat adanya link data prefill rapor di website dapodikdasmen, sepertinya Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2017-B hanya menunggu waktu saja.

Admin Dapodik pusat nampaknya masih membutuhkan waktu guna memaksimalkan aplikasi dapodik versi terbaru agar benar-benar siap dipublikasikan dan bisa mengatasi berbagai Bug Aplikasi yang selama ini mengganggu.

Ada yang berbeda dalam pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2017-B saat ini. Sebab dalam panduannya disebutkan bahwa Aplikasi Dapodik ini juga digunakan untuk menginput Nilai Ujian Sekolah/USBN dan Rapor (Bisa anda lihat pada gambar di atas).

Hal ini menjadi jawaban dari pertanyaan para kawan-kawan operator diberbagai forum, mengenai bagaimana cara upload nilai US/USBN dan Rapor.

Nampaknya tugas tersebut akan dibebankan kepada operator dapodik setiap sekolah. Sehingga tugas mereka akan semakin bertambah, yaitu menginput nilai peserta didik. Semoga saja tunjangannya tambah juga amiin.

Berdasarkan Prosedur Operasional Standar Ujian Nasional (POS UN) Tahun 2017 disebutkan bahwa masing-masing sekolah harus mengirimkan data nilai rapor peserta didika persemester, Nilai Ujian Sekolah (US) dan juga nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sesuai dengan kewenangannya masing-masing kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kementerian) menggunakan Aplikasi Dapodik.

Terkait dengan hal tersebut, sebagai operator dapodik kita harus memahami cara dan aturan menginput data nilai peserta didik dengan Aplikasi Dapodik.

Sebagai pengetahuan awal, inilah informasi yang wajib anda ketahui mengenai Aplikasi Dapodik Versi 2017-B. Berikut ini 2 fitur tambahan utama yang harus anda pahami:

  1. Fitur Rapor: Menu ini digunakan untuk melakukan input data nilai rapor peserta didik yang diterbitkan pada setiap semester
  2. Fitur US/USBN: Menu ini digunakan untuk melakukan input data nilai US dan USBN dari seluruh peserta didik tingkat akhir yang dilaksanakan pada semester genap setiap tahun ajaran pendidikan

Fitur Rapor dan US/USB nantinya berada di bagian Menu NILAI. Maka anda hanya cukup melakukan Klik 1 kali pada menu tersebut.

Kedua fitur tersebut, menjadi penambahan pembaruan utama yang ada di aplikasi dapodik versi 2017-B, selain juga pasti ada perbaikan berbagai Bug Aplikasi yang terdapat pada aplikasi sebelumnya.

Untuk saat ini, link mengunduh software aplikasi dapodikdasmen terbaru memang belum dirilis oleh admin pusat. Makanya kita harus bersabar terlebih dahulu.

Nanti ketika sudah resmi dirilis saya (Admin Kusman_Abenk) akan menyampaikannya kepada anda semua dan khususnya Operator Dapodik di Kabupaten Karawang.

Penutup


Aplikasi Dapodikdasmen memang terus mengalami pembaruan. Hal ini dimaksudkan untuk menyempurnakan aplikasi ini.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa, dalam Aplikasi Dapodik masih terdapat beberapa Bug Aplikasi yang perlu segera diperbaiki.

Adapun untuk pengentrian nilai rapor, saya rasa para operator harus bekerja sama dengan para guru yang lain untuk menyiapkan data nilai siswa. supaya ketika nanti menginputnya lancar.

Demikian informasi mengenai Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2017-B yang bisa saya sampaikan kepada anda sekalian.
Download di Sini 

0 Response to "Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2017-B"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel