Tips Agar Terhindar Dari Bad Sector Di Harddisk


Harddisk merupakan salah-satu komponen terpenting di dalam sebuah komputer. tanpa adanya sebuah Harddisk komputer tidak akan mampu membaca, menulis atau bahkan menyimpan sekecil apapun data itu.

karena pada kenyataannya tanpa adanya Harddisk, komputer / Laptop kamu tidak akan dapat menyala :v


Apakah kalian tahu bahwa Harddisk di dalam Komputer atau Laptop sobat suatu saat kemudian akan rusak??
iyaaa.. iyaa aku tahu kalau kalian tidak ingin Harddisk kalian rusak karena banyak data-data berharga di dalamnya kan..!!

Di dalam dunia Per"Harddisk"an, jika kalian pernah mengalami atau pernah mendengar Bad Sector... semua orang pasti akan mengerutkan jidat mereka karena Bad Sector sendiri ialah sebuah nama penyakit di dalam harddisk yang menandakan bahwa Harddisk tersebut mengalami kerusakan di bagian piringannya dan perlu di ganti / dibeli dengan Harddisk yang baru... T_T
dan tentu saja bukan hanya terjadi kerusakan di bagian piringan Harddisk"nya saja, melainkan juga data-data di dalamnya tidak bisa kita lihat, kita kopi atau mungkin tidak akan bisa kita lihat kembali... karena Harddisk tersebut sudah mengalami kerusakan T_T
tapi meskipun faktanya Harddisk itu cepat atau lambat akan rusak... setidaknya kita sebagai penggunanya dapat memperpanjang umur Harddisk kita dengan cara memperhatikan perawatan dan cara penggunaannya kan???

Baiklah, simak Tips-Tips saya di bawah ini agar Harddisk kalian tidak rusak dan mengalami Bad Sector:


1. Jaga Agar Suhu Harddisk Selalu Dingin
Pernah gak kalian menggunakan komputer dalam keadaan dibiarkan panas?? tentunya ini bukanlah hal yang baik jika dibiarkan terus-menerus sob..!! karena apa? jika Harddisk terus-menerus dibiarkan dalam keadaan terlalu panas akan mengakibatkan Overheating dan mengakibatkan terjadinya Bad Sector.

2. Defrag Harddisk Secara Teratur
Defrag itu apa? silahkan lihat postingan saya di sinnnnniiiiiiiii....
jika kita tidak mendefrag Harddisk kita secara teratur tiap bulannya, akan menyebabkan data-data di harddisk jadi kusut dan komputer kesusahan mencari-cari data yang kalian cari dan kalian perlukan. tak lupa akan memperlambat system kalian...

3. Hindari Benturan Secara Langsung Di Harddisk
Kenapa harus hindari benturan?? pasti pada tau donkkkk...
lhaa wong TV aja kalo terbentur jadi rusakkk... apa lagi Harddisk...!!!! wkwkwkwkwk

4. Jika Menggunakan Harddisk Di Komputer Matikan Dengan Benar
Apakah kalian tahu fitur "Shut Down" di OS Windows..!! Fungsinya untuk apa? fungsinya untuk memerintahkan Harddisk agar berhenti bekerja dengan semestinya dan bukan karena paksaan...!!
karena jika kalian memaksakan Harddisk berhenti berkerja saat Harddisk tersebut sibukkkk-sibukkknya bekerja, akan menyebabkan piringan dan jarum head di ujung spektrum pembaca data di dalam Harddisk menjadi berbenturan... dan akibatnya jarum head tersebut akan mengikis terus membuat goresan di piringan Harddisk yang pada akhirnya membuat bad sector...!!!


Akhir kata dari admin ialah...
mungkin Harddisk seukuran 300GB atau 500GB harganya bagi sebagian orang tidak seberapa.... akan tetapi asal kalian tahu, meskipun kita memiliki Harddisk dengan kapasitas 1TB, 2TB atau mungkin 1PT pun harus kita jaga baik-baik dan benar-benar...!! kan sayang data-data di dalamnya...!! (penuh momen-momen dan kenangan bersama mantan) :v #ehhhh

0 Response to "Tips Agar Terhindar Dari Bad Sector Di Harddisk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel