Tips Agar Terhindar Dari Bad Pixel / Dead Pixel Di Layar LCD


Merawat layar LCD sangat diperlukan di semua komponen elektronik yang memiliki monitor LCD untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan, tak terkecuali layar LCD komputer atau Laptop kesayangan kita....😦

Apa itu LCD? LCD kepanjangan dari Liquid Crystal Display yang merupakan evolusi dari layar/monitor tabung jaman dahulu...!!

Baca Juga : Tips Agar Terhindar Dari Bad Sector Di Harddisk

Nahhh... beda Layar/Monitor tabung, beda juga dengan Layar/Monitor LCD yang saya bahas kali ini...!!
jika dahulu Layar/Monitor tabung bisa menyebabkan mata menjadi rabun karena teknologinya, lain halnya dengan Layar/Monitor LCD yang sama sekali tidak memberikan efek dan dampak yang nyata terhadap mata manusia...!! karena Layar/Monitor LCD sendiri memiliki Pixel..!!


Apa itu pixel? Pixel atau dibaca kebanyakan orang dengan sebutan Piksel, merupakan sebuak titik-titik kecil elemen gambar yang berbentuk kotak-kota kecil dalam sebuah grafis. dan pada sebuah pixel itu sendiri memiliki satu wana yang tersusun dan berhimpitan dengan rapatnya dengan pixel-pixel lainnya.
Semakin banyak pixel yang terdapat pada suatu Layar/Monitor LCD, maka gambar yang dihasilkan akan sebakin bagus pula...

Sedangkan dalam pembahasan artikel kali ini, apa yang dimaksud dengan Bad Pixel / Dead Pixel Di Layar LCD??

Bad Pixel / Dead Pixel Di Layar LCD merupakan keadaan atau kondisi dimana terdapat pixel-pixel yang mati pada LCD. Dead Pixel ini menyebabkan spot-spot atau titil-titik pada layar.... Jika hal itu terjadi, maka pixel yang mati tersebut tidak akan dapat bisa lagi menampilkan warna. dan tentu saja Dead Pixel tersebut akan sangat-sangat mengganggu pemandangan di layar monitor kita...!!

Lalu cara apa yang bisa digunakan agar terhindar dari Bad Pixel / Dead Pixel Di Layar LCD? Simak di bawah ini sob.. :
  • Jangan menekan atau menggosokkan layar LCD terlalu kuat dengan benda apapun itu, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada pixel di LCD tersebut.
  • Jika ingin membersihkan layar LCD, pastikan kamu menggunakan kain yang berbahan / bertekstur yang lembut dan gosoklah secara halus.
  • Hindari benturan fisik secara langsung di layar LCD.
  • Bagi pengguna Laptop, jangan sekali-kali meletakkan benda-benda di atas Keyboard Laptop... hal ini untuk menghindari kelupaan jika ada benda di atas Keyboard tersebut dan saat kita menutup laptopnya benda itu terhimpit antara Keyboard dan Layar LCD, yang berujung pada retaknya layar LCD.
  • Disarankan kamu menggunakan Screensaver pada komputer kamu sob. agar terhindar dari Dead Pixel... kenapa? karena jika komputer dalam kondisi aktif namun ditinggalkan oleh penggunanya, maka pixel-pixel di LCD tersebut menjadi terbebani oleh karena selalu menampilkan warna-warna yang sama..!! (dan fungsi dari Screensaver itu sebagai pembaharuan layar LCD laptop agar Pixel di LCD selalu fresh warnanya...)
  • Hindari layar LCD dari air panas, jauhkan juga dari air yang dingin... pokoknya yang ber'air itu bisa menyakibatkan rusaknya layar LCD...

Catatan penulis...
dengan membaca postingan di atas, kita bisa tahu bahwa Bad Pixel / Dead Pixel Di Layar LCD sangat amatlah fatal dan mengganggu kenyamanan kita dalam melihat ke layar monitor... jadi sebaiknya dari sini ke depannya kita sebagai pengguna harus hati-hati dalam merawat layar LCD agar tidak mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan dan kerugian lain-lainnya...

Akhir kata saya ucapkan "Terima Kasih" karena telah membaca postingan saya sampai akhir... :)
#Wasalammmm..

0 Response to "Tips Agar Terhindar Dari Bad Pixel / Dead Pixel Di Layar LCD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel