Tips Mengkoleksi Anime Di PC / Komputer


Hallo sobat...
kembali lagi bersama saya admin blog Siluman Komputer..!!!

kali ini saya akan membagikan info menarik tentang "Tips Mengkoleksi Anime Di PC / Komputer"..
karena beberapa waktu yang lalu di Indonesia, terutama di kalangan anak muda sedang nge'trend game Pokemon Go... yang penuh pro dan kontra :v
dan tentu saja, dari namanya "Pokemon"...!! itu adalah nama sebuah anime yang berasal dari Jepang... namun kali ini saya tidak akan membahas tentang apa itu anime dan sejarah tentang pokemon itu sendiri, karena jika kalian menemukan atau sedang membaca postingan ini. berarti kalian tahu apa itu Anime..!!!


Pada postingan ini saya akan membahas tentang "Tips Mengkoleksi Anime Di PC / Komputer" dengan baik dan benar versi pengalaman saya sendiri. karena saya juga suka mengkoleksi anime di laptop saya.. hihihihi
langsung saja, disimak yukk..!!!


1. Tentukan Genre Yang Akan Kalian Download
di dalam dunia anime sendiri..!!! kalian bisa menemukan berbagai macam jenis-jenis anime yang dari judul A sampai Z dalam segi ceritanya tidak sama antara 1 dengan yang lainnya..
  • ada yang genre'nya Romance, yang bercerita tentang cinta-cintaan..
  • Mecha, yang bercerita tentang robot-robotan..
  • Slice Of Life, yang bercerita tentang potongan adegan dari dunia nyata beneran..
  • Fantasy, yang bercerita tentang kekuatan supranatural..!!
  • Gore, yang jalan ceritanya sadis penuh adegan darah-darah..
  • School, yang bercerita tentang anak-anak sekolahan...
  • sampai-sampai Ecchii :v (yang satu ini, mimin gak mau ngejelasinnya secara langsung... cari sendiri artinya di mbah google..)
dan lain-lainnya..!! (banyak banget jenis-jenis anime kalo mau disebutin. jadi cari yang sesuai sama selera kamu sob..!!)

jadi kalian harus pintar-pintar memilih jenis anime apa yang akan kalian download... biar tidak kecewa saat menontonnya nanti..!!


2. Pilih Situs Terkenal Untuk Download
pernah gak, pada awal mulanya kalian kenal dengan anime itu dari siapa? pasti pada jawab.. nonton di TV kak...!! hahahahaha
emang bener sih, kebanyakan anime itu dulunya memang di tayangkan di TV... mulai dari Naruto, Blade, HunterXHunter, Sinchan, Doraemon, Bakugan, Kekkaishi dll...
akan tetapi karena kebijakan oleh KPI (Komisi Penyiaran Indonesia).. anime sekarang sangat sulit untuk bisa tampil lagi di layar kaca Indonesia, karena alasannya adalah banyak adegan yang... you know lahhhh buat 17+ tahun ke atas..!!! tapi menurut admin sih, gak semua anime yang tutup di tayangkan di indonesia..!!! buktinya anime Sinchan, Doraemon dan Naruto Shippuden masih bertahan tuhhh...!! meskipun kalau ketemu adegan kekerasan atau darah-darahan langsung di sensor ala KPI -_-

nahh.. balik lagi ke topik..!! terus jadi jika kamu gak suka ada adegan yang dipotong oleh KPI atau mau tau anime apa-apa saja yang terbaru dari pihak anime di jepang itu sendiri... solusintya adalah kalian download sendiri...!!!
dan tercatat pada tahun 2016... anime sudah banyak yang bersubtitle indonesia dari para FANSUB INDONESIA..!! dan berikut daftar-daftar website terpecaya, tempat mimin sering download Anime di sana..!!

10. AnimeIndo
11. Meownime (TOP Anime Batch)

3. Tentukan Resolusi / Kualitas'nya
yang satu ini patut kamu ketahui sob...
karena apa? akan berdampak pada kenyamanan kamu dalam menonton anime itu sendiri..!!

1. bila kamu orang kaya / orang yang punya banyak duit dan kuota melimpah...!!! saya saranin kamu download anime yang versi 1080p HD Bluray.. karena apa? selain tampilannya yang sangat jernih, kamu juga jadi nyaman dalam menontonnya..!!

2. atau jika kamu adalah seorang mahasiswa yang sedang ngekos. atau juga seseorang yang kuota internetannya sangat terbatas... saya saranin kamu download yang versi 360p saja... karena selain ukuran video anime yang di download terbilang kecil.. kamu juga bisa menghemat kuota kamu dengan tampilan yang lumayanlah buat modal segitu..!!

terus, cara ngebedain yang 1080p sama 360p itu gimana kak?
mudah kok..!! liat aja dari ukurannya..!!! cek di bawah ini..!! (biasanya anime yang di share oleh FANSUB INDONESIA Itu ada 4 macam kualitas...)

Ukuran di bawah ini dihitung berdasarkan 1 video anime..!!

  • 360p = 33-40 MB
  • 480p = 50-70 MB
  • 720p = 80-100 MB
  • 1080p = 320-450 MB


4. Pilih Format Video Yang Sesuai
kalo menurut mimin...
yang satu ini, perlu juga kalian ketahi sob... karena apa? format video itu menentukan kenyamanan kalian dalam menonton anime itu sendiri..!!

Berikut daftar format video anime yang sering dipakai oleh FANSUB INDONESIA :

1. MP4 = untuk format yang satu ini, kalian bisa menikmati anime dengan kualitas bagus namun dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari asli'nya..!! namun jarang terjadi kasus video corrupt..!!

2. MKV = yang satu ini adalah format video terbaru di dalam dunia per'video'an.. MKV atau kepanjangan dari Matroska Video..!! kalian bisa menikmati video anime dengan kualitas yang bagus namun dengan ukuran yang lebih kecil dari pada asli'nya..!! kalo mau ngajak berantem MP4.. MP4 bisa kalah dalam hal kompressi video, akan tetapi dikarenakan format video ini terbilang baru dibuat... sering terjadi video corrupt sendiri di dalam HDD sobat saat mau memutar video anime yang kalian pilih dalam bentuk MKV ini.. dan kalo sudah corrupt, tidak bisa diperbaiki lagi alias rusak total / download ulang -_-

3. FLV = FLV atau kepanjangan dari Flash Video..!! lumayanlah dengan ukuran yang lebih kecil dalam ukuran video, namun dengan kualitas yang bersaing dengan MKV..

4. AVI = ini adalah format video dari windows..!! kalian bisa menikmati anime dengan kualitas gambar yang super jernih dan kemungkinan corrupt sangaaaaaattt kecill... tapi dengan konsekuensi ukuran video kalian yang waahhhh, sangat gede -_-

Update: (Jika Video Anime Kalian mengalami Corrupt di Format Video .mkv Silahkan Baca Postingan saya yang ini)


5. Pilih Pemutar Video'nya
terkadang di dalam sebuah anime yang kalian tonton... terdapat sebuah subtitle yang bergerak-gerak..!! (biasanya sihh, dikasih di bagian opening sama ending)
nahh... jika kalian menggunakan pemutar video bawaan OS kalian.. contohnya seperti Windows Media Player...!! admin rasa itu adalah tindakan yang kurang baik dalam menonton anime itu sendiri sob.. selain waktu pemutarannya yang terbilang lambat, juga beresiko anime yang kalian download bisa corrupt..!!

jadi mimin sarankan kalian menggunakan pemutar video di bawah ini..!! (pilih salah satu saja)



6. Penyimpanan
tidak bisa diragukan lagi..!!
jika penyimpanan adalah suatu hal yang sangat-sangat harus kalian tentukan mulai dari sekarang jika kalian ingin mengkoleksi anime..!!

jujur admin sendiri menyimpan koleksi anime mimin di dalam HDD Eksternal (2 TB)..!!
dan kalo kalian gak punya HDD Eksternal.. kalian juga bisa kok pake HDD Internal di PC, Komputer, Laptop / Notebook sobat...!!! atau mungkin kalian bisa saja membeli sebuah Flashdisk yang berukuran 32-100 GB untuk digunakan khusus buat menyimpan koleksi anime sobat...!!!


7. Harus Rapi
jika kalian ingin mengkoleksi anime di Komputer sobat...!! kalian harus rapi dalam menyimpannya, entah itu di HDD atapun di Flashdisk..!!
karena apa? terkadang anime yang kalian download di internet itu, tidak rapi dalam hal penamaan anime'nya itu sendiri..!! dan kebanyakan terdapat nama dari situs website tempat kalian downloadnya itu sendiri..!!

contoh semisalkan pada point nomor 2 di atas.. ceritanya kalian lagi download anime Naruto Shippuden..
dan downloadnya dari situs Wardhanime..!! jadinya kalo kalian sudah selesai downloadnya akan bernama seperti ini file'nya.. "Wardhanime_NRTS001"
yang berarti itu anime Naruto Shippuden yang di ambil dari situs Wardhanime dan ber'episode ke 001..!!

nahh.. saran dari mimin Siluman Komputer..!! kalian harus mengubah namanya dari yang namanya Wardhanime_NRTS001 menjadi" Naruto Shippuden - Episode 001"..
jadi rapi kan... hihihihi
tapi perlu di ingat juga yahh... pastikan kalian membuat 1 folder di HDD atau Flashdisk kalian dengan nama anime itu sendiri dan jangan di campur-campurin..!! misalkan nama folder anime kalian "Naruto Shippuden".. berarti folder itu hanya boleh di isi oleh anime Naruto Shippuden aja sob..!!! (agar ketika kalian ingin #rewatch, jadinya tidak susah lagi mencarinya) :3


Okeyy...
mungkin segitu saja admin Siluman Komputer membahas tentang "Tips Mengkoleksi Anime Di PC / Komputer"...
salam sejahtera semuanya... sampai berjumpa lagi..!! dan selamat menonton anime kesukaan sobat yahhh..!! hihihihihi

wasalam..!!


0 Response to "Tips Mengkoleksi Anime Di PC / Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel